Tuesday, January 24, 2017

Memutar Tubuh hingga Tulang Berbunyi Apakah Sehat?

Ketika tubuh sedang pegal, atau setelah melewati hari yang sangat melelahkan, biasanya kita akan meregangkan tubuh. Kita akan menarik tangan, kaki, kepala, hingga memutar-mutarkan badan hingga berbunyi "krek".

Memang setelah melakukannya tubuh kita lebih nyaman dan enak. Namun, apakah hal tersebut baik bagi tubuh?
Meregangkan otot / Gambar via huffingtonpost.com

Memutar tubuh hingga tulang berbunyi apakah sehat?

Sebenarnya, memutar atau membungkukkan tubuh anda hingga punggung berbunyi tidaklah buruk, asalkan jika dilakukan sesekali saja. Namun, jika hal ini rutin dilakukan dan menjadi kebiasaan, maka akan berakibat buruk pada tulang.

Dr. Christopher Anselmi, Hospital for Special Surgeru's Interactive Cara Center di New York City, mengemukakan bahwa "cracking" atau membunyikan sendi dalam tubuh hingga punggung dapat berbunyi dapat berakibat buruk jika menjadi kebiasaan.

Struktur tubuh manusia, sendi punggung terdiri dari ligamen, tendon, dan struktur jaringan lunak lain yang dapat aus atau susut karena tergosok dari waktu ke waktu. Gerakan yang tidak semestinya mengakibatkan kerusakan dini ini jika dilanjutkan akan menyebabkan masalah tulang hingga osteoporosis.

Namun, jika hanya dilakukan sesekali untuk meregangkan otot-otot yang kaku, hal ini tidak masalah meski tulang berbunyi. Bunyi ini disebabkan karena sendi terdiri dari cairan dan gas seperti nitrogen dan karbon dioksida, oleh karena itu ketika mendapat tekanan maka gas akan keluar dan menghasilkan suara.

Menurut Dr. Christopher Anselmi, untuk kamu yang tidak ingin meregangkan sendi dengan cara seperti itu, kamu bisa meregangkan sendi dengan cara lain yang tidak membahayakan tulang punggung.

Caranya yaitu dengan masuk ke kamar mandi dan bersihkan diri dengan air hangat supaya otot-otot di tubuh menjadi lebih rileks. Setelah itu, gerakkan tubuh dengan lembut sekitar lima menit setelah mandi.

Rentangkan tangan ke atas atau letakkan di pinggang untuk membungkuk perlahan, kemudian miringkan tubuh dari sisi ke sisi. Dan lakukan dengan perlahan. Setelah ini kamu akan mendapatkan tubuh yang rileks.

Dengan begitu, kamu tidak perlu harus terus-terusan membunyikan tulang supaya kesehatan tulang juga tetap terjaga.
Memutar Tubuh hingga Tulang Berbunyi Apakah Sehat? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top