Saturday, January 21, 2017

Menulis Resume? Jangan Lupakan Keahlian ini!

Orang mengenyam pendidikan hingga tinggi tujuannya untuk mendapatkan pekerjaan. Setiap orang pun memiliki kriteria sendiri dalam menentukan pekerjaan apa yang akan mereka lamar.

Saat melamar pekerjaan, tentu kita harus menyiapkan dokumen-dokumen pendukung, yang salah satunya adalah resume. Melalui resume, pihak HRD dapat melihat kepribadian dan bagaimana kita secara sekilas, dan resume adalah kunci agar kita dapat diterima ke tahap selanjutnya.
Resume / Gambar via diverseedge.com
Inilah keahlian yang harus kamu cantumkan dalam resume:
  1. Kemampuan Kepemimpinan

    Jika kamu sebelumnya pernah memimpin suatu kelompok, ceritakan dalam resume. Ceritakan juga bagaimana cara kamu memimpin, mempengaruhi anggotamu, dan hasil dari kepemimpinanmu.
  2. Pernah Menjadi Pembicara

    Jika kamu pernah menjadi pembicara, setidaknya berbicara di depan umum dalam suatu forum, jangan lupa ceritakan. Karena tidak semua orang dapat dengan lancar berbicara di depan umum, apalagi menjadi pembicara.
  3. Kemampuan Bahasa Asing

    Minimal kamu dapat berbahasa Inggris dengan lancar, karena meskipun perusahaan tersebut bukan perusahaan multi nasional, tapi hal ini tetap menarik minat perusahaan. Mungkin saja perusahaan berniat memperluas usahanya hingga luar negeri.
  4. Pendidikan yang tidak Kamu Selesaikan

    Jika kamu pernah mengenyam pendidikan namun tidak selesai, jangan malu untuk menuliskannya. Karena setidaknya kamu memiliki pengalaman di bidang lain selain bidang pendidikan yang kamu selesaikan.
Itulah keahlian yang perlu kamu cantumkan dalam resume. Buat resume sebaik-baiknya, karena inilah jalanmu untuk lolos ke tahap berikutnya.
Menulis Resume? Jangan Lupakan Keahlian ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top