Friday, January 20, 2017

Menunda Sholat karena Pekerjaan, Apakah Diperbolehkan?

Dalam sehari, sholat wajib yang harus kita lakukan ada lima waktu. Dari lima waktu tersebut kebanyakan berada di saat kita tengah sibuk dalam pekerjaan kita, hingga akhirnya kita menunda sementara sholat kita.

Padahal sebenarnya, Allah Ta'ala menempatkan sholat di waktu-waktu tersebut agar kita dapat beristirahat sejenak dari kesibukan kita. Tapi justru kebanyakan orang menunda sholat mereka dengan alasan sibuk bekerja.
Sibuk bekerja / Gambar via knote.com

Apakah menunda sholat dengan alasan pekerjaan diperbolehkan?

Jika menunda sholat masih dalam rentang waktu awal hingga akhir waktu, dan sholat masih dikerjakan pada waktunya, maka hal tersebut diperbolehkan. Karena menyegerakan sholat di awal waktu adalah perkara afhaliyah (hal yang utama), tidak sampai wajib.

Ini juga boleh dilakukan jika tidak ada sholat jama'ah di masjid. Jika ada sholat jama'ah di masjid, maka wajib mendirikan sholat jama'ah. Kecuali bila ia memiliki udzur syar'i untuk tidak menghadiri sholat jama'ah.

Namun, jika penundaan ini sampai keluar waktunya, maka ini yang tidak diperbolehkan. Kecuali jika memang orang tersebut terlalu larut hingga lupa. Tapi jangan sampai begitu ya. Kesibukan duniawi melalaikan kewajiban sholat. Jikalau memang benar-benar lupa, perhatikan sabda Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam berikut ini.

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Barangsiapa yang tertidur hingga ia melewatkan sholat, atau terlupa, maka hendaknya ia sholat ketika ia ingat."

Dalam kasus ini, segeralah sholat ketika ingat, dan hal ini diperbolehkan.

Namun, beda kasusnya jika ia sebenarnya ingat, namun dengan alasan pekerjaan ia tunda sholatnya hingga habis waktu sholat, maka inilah yang haram dan tidak diperbolehkan. Meskipun ia tetap sholat, maka sholatnya ini tidak diterima.

Jadi, lebih baik memang segeralah sholat sesibuk apapun itu. Usahakan tidak menunda, jika memang kamu termasuk orang yang pelupa, buatlah alarm sholat agar tidak lupa. Semoga bermanfaat!
Menunda Sholat karena Pekerjaan, Apakah Diperbolehkan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top