Sunday, January 29, 2017

Mitos atau Fakta, Mengunyah Makanan Perlahan Bisa Kurangi Berat Badan?

Setiap orang menginginkan memiliki tubuh yang ideal. Oleh karena itu, banyak cara yang mereka lakukan agar hal itu tercapai. Mereka melakukan olahraga, diet, mengganti menu makanan dengan yang lebih sehat, dan mengganti cara makan dengan tidak tergesa-gesa.

Lalu, apakah ada hubungannya makan dengan cara mengunyah perlahan dapat membantu mengurangi berat badan? Bisa saja ada alasan ilmiah lain sehingga orang dapat mengurangi berat badan. Penasaran?
Jangan makan dengan terburu-buru / Gambar via kidseatsmart.ca

Proses pencernaan menjadi lebih baik

Kepercayaan tentang makan dengan cara perlahan dapat mengurangi berat badan sebenarnya sudah dipercaya sejak sepuluh tahun lalu. Penelitian yang dilakukan oleh University of Birmingham menunjukkan bahwa seseorang yang mengunyah perlahan bukan berarti dia makan lebih sedikit.

Tapi, makan secara perlahan menjadikan kamu tidak berkeinginan lagi makan lebih banyak atau tidak berkeinginan lagi untuk makan camilan.

Nikmatilah makanan yang kamu santap, jangan terburu-buru. Karena makan makanan dengan terburu-buru justru akan berdampak pada kesehatan tubuh.

Selain membantu mengurangi berat badan, makan dengan perlahan dapat membantu proses pencernaan menjadi lebih baik. Harvard Health Publications juga pernah mempublikasikan penelitian mengenai makan secara perlahan, yang mana akan membuat perut lebih kenyang dibandingkan mereka yang makan dengan cepat.

Saat mengunyah makanan, air liur akan memecah partikel makanan. Hal tersebut membuat makanan lebih mudah masuk ke dalam sistem pencernaan. Enzim yang dihasilkan oleh kelenjar ludah yaitu enzim alpha amilase dan enzim lingu lipase mampu memecah karbohidrat dan lemak. Oleh karena itu, dapat membantu proses pencernaan.

Jadi, makanlah dengan tenang dan perlahan. Jangan terburu-buru mengunyah dan menelan. Kesehatan itu mahal harganya, jadi peliharalah kesehatan dengan baik ya!
Mitos atau Fakta, Mengunyah Makanan Perlahan Bisa Kurangi Berat Badan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top