Sunday, January 22, 2017

Perhatikan Hal ini sebelum Menjadikan Hobi sebagai Pekerjaan!

Semakin dewasa, setiap pasti menginginkan memiliki pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan. Memilih pekerjaan juga tidak boleh asal, karena selain mendapatkan penghasilan, kita juga harus mempertimbangkan kebahagiaan dalam kita menjalani pekerjaan tersebut.

Pekerjaan yang paling dapat memberikan kebahagiaan bagi kita adalah hobi kita masing-masing. Dan lebih senang lagi jika hobi yang kita lakukan ini dapat menjadi pekerjaan kita, alias hobi tersebut mendatangkan penghasilan bagi kita. Namun sebelumnya, harus perhatikan dulu hobi tersebut sebelum menjadikannya pekerjaan.
Hobi sebagai pekerjaan / Gambar via watermanviolin.com
Perhatikan hal ini sebelum menjadikan hobi sebagai pekerjaan:
  1. Meski hanya Hobi Biasa, tapi Belajarlah untuk Lebih Serius

    Meski hobi dapat dilakukan sesuka kita, tapi jangan sampai melakukannya setengah-setengah. Justru kamu harus lebih serius apalagi jika hobi sudah dijadikan pekerjaan. Kamu harus menjadi profesional di bidangmu ini, lebih banyak menguras tenaga dan pikiran agar dapat memasarkan bisnismu ini ke banyak orang.
  2. Ketika Hobi Dijadikan Pekerjaan, Realistislah dengan Prospeknya

    Perhatikan apa hobimu, apakah hal tersebut prospek jika kamu lakukan? Misalnya, kamu suka menyanyi dan ingin menjadi penyanyi, tapi kenyataannya suaramu tidak bagus. Tak salah jika ingin menjadi penyanyi asal suara juga harus mendukung, jika tidak lebih baik pilih pekerjaan dan hobi lainnya.
  3. Jangan Merasa Terbebani ketika Hobi Dijadikan Pekerjaan

    Hobi seharusnya memberikan kita rasa senang dan bahagia ketika menjalaninya. Jika kamu merasa stres, malas, suntuk ketika menjalani hobi yang dijadikan pekerjaan tersebut, itu tanda kamu sudah menjadikan pekerjaan tersebut beban. Ingatlah bahwa pekerjaanmu adalah hobimu, jangan mudah menyerah dan tetaplah menyukainya.
  4. Bisa Membangun Mood

    Hobi yang dijadikan pekerjaan tak selamanya membuat kita bahagia, namun kita harus tetap profesional agar pekerjaan yang kita lakukan memberikan hasil yang maksimal.
  5. Perluas Wawasan di Luar Hobi

    Misalnya kamu hobi bermain musik, jangan hanya terpaku sebagai pemain band. Kamu bisa memperluas pekerjaanmu, seperti dengan menjadi guru musik, memberi tutorial di YouTube atau website, bisa juga menjadi guru les privat. Kamu akan mendapatkan penghasilan lebih dan tetap berhubungan dengan hobimu.
Itulah tips agar hobi menjadi pekerjaan tetap menyenangkan dilakukan. Tetap sukai apa yang kamu kerjakan, dan jangan hanya mengerjakan apa yang kamu sukai.
Perhatikan Hal ini sebelum Menjadikan Hobi sebagai Pekerjaan! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top