Wednesday, January 18, 2017

Sistem Imun Kuat Ditandai dengan Mudah Sakit?

Setiap orang tentu menginginkan memiliki sistem imun yang kuat dan sehat. Dengan begitu, mereka akan terlindungi dan tidak mudah terserang penyakit.

Oleh karena itu, orang seringkali mengkonsumsi vitamin, makanan sehat, dan berolahraga supaya tubuh kuat dan sistem imun juga ikut kuat. Namun, benarkah demikian?
Sistem imun / Gambar via everydayhealth.com

Sistem imun kuat ditandai dengan mudah sakit?

Orang yang gampang sakit seringkali dianggap sebagai orang yang lemah, padahal sebaliknya. Menurut penelitian dari Washington University School of Medicine, orang yang mudah sakit justru memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat. Hal ini dikarenakan sakit dianggap melatih tubuh sehingga akan terbangun sistem imun yang kuat dalam jangka panjang.

Penelitian ini menjadikan penyakit Ieshmaniasis sebagai contoh. Penyakit Ieshmaniasis adalah infeksi tropis yang disebabkan oleh lalat pasir, sehingga membentuk koreng di kulit hingga rongga perut.

Ketika sistem imun diingatkan terus mengenai penyakit Ieshmaniasis, maka sistem imun menjadi lebih waspada untuk melawan infeksi baru. Mekanisme inilah yang seringkali menghadapi bakteri dan virus.

Sel imun akan membunuh patogen dan mengaktifkan respon imun. Dalam proses ini, kekebalan imun tubuh akan meningkat. Sehingga menyebabkan seseorang sulit terkena infeksi yang sama dua kali.

Jadi, jangan anggap yang sering sakit itu lemah. Justru mereka yang sering sakit akan membentuk sistem imun yang lebih kuat. Jika ada musim penyakit yang sama, ia sudah kebal dan sulit untuk tertular.
Sistem Imun Kuat Ditandai dengan Mudah Sakit? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top