Sunday, January 8, 2017

Stop! Jangan Beli Kacamata Hitam Murahan, Inilah Bahayanya!

Bersantai di pantai atau beraktivitas di luar ruangan dengan cuaca panas mengharuskan kamu melindungi tubuh, termasuk juga mata. Selain mengenakan topi, banyak orang melindungi mata dengan memakai kacamata hitam.

Memang hal ini dapat mengurangi panas dan membuat kita tidak silau, jadi mata aman. Namun, hati-hati saja dengan kacamata yang dijual di pinggir jalan atau kacamata hitam murah. Sebaiknya kamu membeli kacamata hitam yang berkualitas, bukan untuk gengsi tapi lebih kepada kesehatan matamu.
Jangan asal pilih kacamata hitam / Gambar via thewallpapers.org

Inilah bahaya menggunakan kacamata hitam murahan

Ahli pemeriksa mata senior di Viewpoint Opticians di York, Chris Worsman, mengatakan bahwa sinar UVB yang dipancarkan matahari dapat merusak lensa mata. Lensa mata adalah bagian yang membantu memfokuskan cahaya. Itulah mengapa lensa mata terlihat jernih. Dan lensa mata terbuat dari banyak protein.

Namun, UVB juga dapat membuat protein terurai dan kusut, sehingga lensa mata menjadi keruh dan inilah yang kita kenal sebagai katarak. Selain katarak, paparan sinar UV juga dapat membuat kanker di kelopak mata yang sejenis dengan kanker kulit bernama karsinoma sel basal.

Biasanya ditunjukkan dengan rasa sakit di kelopak mata yang terlihat seperti titik, tapi juga dapat ditimbulkan karena paparan sinar matahari. Dalam jangka pendek, paparan sinar UV menimbulkan risiko photo keratitis, serta dapat mematikan lapisan terluar kornea.

Menggunakan kacamata hitam dapat membantu menghambat sinar UV, namun ingat jangan asal pilih. Cahaya diukur dalam nanometer dan sinar UVB kira-kira berukuran 320-390 nanometer. Jika dalam kacamata hitam terdapat label CE, artinya kacamata tersebut dalam menerima sinar UV tidak lebih dari 5% di bawah 380 nanometer dan ini merupakan standar Eropa.

Ada juga tanda UV 400, artinya bahwa kacamata tersebut tidak menerima sinar UV di bawah 400 nanometer. Dan ini berarti kacamata tersebut menawarkan perlindungan lebih dari label CE. Sinar UV antara 380-400 tidak terlalu merusak bila dibandingkan dengan ukurannya yang lebih rendah.

Berbanding terbalik dengan kacamata hitam murahan yang tidak memiliki lensa untuk melindungi sinar matahari. Lensa hitamnya hanya lensa biasa yang diwarnai dengan tinta hitam yang merupakan tampilan saja. Kenyataannya, kacamata hitam murahan tidak melindungi mata dari sinar UV.

Kacamata hitam ini justru sangat berisiko karena tidak melindungi mata dari sinar UV. Kacamatan tanpa pelindung UVA dan UVB akan sangat mudah menyaring cahaya, yang mana hal itu tidak dapat melindungi mata kita. Kacamata hitam yang dijual murah ini biasanya hanya untuk gaya saja.

Lebih berbahaya lagi, tinta hitam pada lensa kacamata akan mengganggu penglihatan dan jika terlalu lama dikenakan dapat mengakibatkan pusing karena mata harus bekerja dengan ekstra.

Oleh karena itu, sebaiknya membeli kacamata hitam di optik atau tempat terpercaya. Jangan membeli kacamata hitam murahan yang ada di jalanan. Tak perlu mahal, asal berkualitas dan memenuhi standar itu sudah cukup.
Stop! Jangan Beli Kacamata Hitam Murahan, Inilah Bahayanya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top