Sunday, January 15, 2017

Stop! Jangan Galau dan Cemas karena belum Menikah, Inilah Cara Mengatasinya!

Seringkali manusia ini dirundung galau dan rasa cemas. Galau bisa menandakan adanya iman, tapi juga bisa menandakan ketiadaan iman. Misalnya saja galau ketika belum menunaikan sholat wajib karena tengah berada di perjalanan. Ini bisa disebut galau karena adanya iman.

Galau seperti ini bisa dihilangkan dengan ilmu. Misalnya saja belum sholat tapi kendaraan tidak berhenti untuk memberikan kesempatan sholat, kamu bisa melakukan sholat dengan cara dijamak jika waktu sudah lewat. Selain itu jika kepepet kamu bisa sholat di pesawat. Asal tahu dan ada ilmu, semua pasti beres.
Galau / Gambar via theodysseyonline.com 
Jika masih galau padahal sudah tahu ilmunya, itu sama saja mempersulit diri sendiri. Dan lebih parah lagi jika galau karena ketiadaan iman, seperti berputus asa dari rahmat Allah Ta'ala. Padahal rahmat Allah Ta'ala melebihi segala dosa makhluknya.

Dan jika masih galau lagi karena belum mendapatkan pasangan, inilah cara mengatasinya:
  1. Ingin Menikah tapi belum Sanggup

    Kita cek dulu sanggup atau tidaknya di bagian mana. Belum sanggup karena belum mapan, atau karena memang belum sanggup menikah? Caranya sanggupkan diri dulu dan kemudian perbanyak puasa. InsyaAllah, Allah Ta'ala akan memberikan pertolongan-Nya.
  2. Belum Ikhtiar secara Optimal dan Mudah Baper

    Orang yang belum menikah memang mudah terbawa perasaan. Lihat undangan langsung baper (bawa perasaan), lihat pelaminan langsung membayangkan menikah, nonton film romantis langsung baper, dan hal lainnya. Hati-hati, inilah celah godaan yang besar.

    Ikhtiyar dengan banyak puasa, puasa perut dan puasa mata. Jangan menonton film-film romantis lagi karena itu merupakan tindakan provokatif bagi mereka yang belum menikah. Bagi perempuan, ikhtiyar bisa ditambah dengan bertanya pada guru mengaji atau teman, meminta tolong supaya dikenalkan dengan pria yang berakhlak baik.

    Bagi pria, ikhtiyar bisa dengan bekerja keras karena nantinya akan menjadi kepala keluarga, harus bisa mandiri dan memberi nafkah. Ditambah lagi sedekah. Jika sudah ikhtiyar, bertawakallah kepada Allah Ta'ala.
  3. Penyakit Psikologis

    Kecemasan mungkin terjadi karena adanya penyakit psikologis, dimana orang akan merasa galau dan amat cemas ketika belum menikah. Banyak yang menghantui pikirannya terkait kejombloannya. Cara menyembuhkannya adalah dengan terapi dan yang paling sederhana adalah tidak mengikuti kecemasan tersebut. Lambat laun rasa cemas akan hilang.
  4. Hilangnya Kepercayaan pada Allah Ta'ala

    Ini adalah kecemasan yang paling buruk, dimana kamu sudah tidak beriman pada Allah Ta'ala dan berprasangka buruk pada Allah Ta'ala. Selain itu, ini juga mengindikasikan rendahnya kepercayaan diri dan penghinaan terhadap ciptaan Allah Ta'ala, yaitu dirimu sendiri.

    Allah Ta'ala mengikuti prasangka dan keinginan makhluk-Nya. Jika kamu berprasangka baik pada Allah Ta'ala, maka Allah Ta'ala akan memberikan hal yang baik sesuai prasangkamu.
Jadi, janganlah cemas serta galau, mintalah pertolongan pada Allah Ta'ala karena Dia lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.
Stop! Jangan Galau dan Cemas karena belum Menikah, Inilah Cara Mengatasinya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top