Sunday, January 1, 2017

Stop! Jangan Menggunakan Cara ini untuk Menghemat Baterai Smartphone!

Salah satu fitur yang paling dibutuhkan pada smartphone adalah ketahanan baterainya. Baterai yang tahan lama akan membuat kita lebih asyik mengakses berbagai aplikasi dan berselancar di internet dengan smartphone.

Memang sudah ada powerbank untuk membantu agar kita dapat tetap men-charge smartphone dimanapun. Namun, penggunaan powerbank lama kelamaan juga akan merusak baterai smartphone.

Berbagai cara kita lakukan untuk menghemat baterai smartphone. Salah satu yang biasa kita lakukan adalah dengan membersihkan recent apps. Membersihkan recent apps dipercaya dapat menghemat baterai smartphone. Karena orang-orang menanggap bahwa aplikasi yang masuk ke recent apps akan bekerja terus dan menguras baterai.

Padahal sebenarnya, aplikasi di recent apps berada dalam kondisi berhenti dan disimpan dalam memori (cache) ponsel. Justru, dengan membiarkan recent apps kita akan mudah memuat aplikasi yang sudah pernah dibuka.

Dan otomatis, baterai kita lebih hemat. Sebaliknya, menghapus recent apps di smartphone akan membuat baterai bekerja lebih keras dan cepat habis. Karena sistem membuka aplikasi dari awal. 
Cara menghemat baterai / Gambar via n4bb.com

Lalu, bagaimana cara menghemat baterai yang benar?

Cara benar untuk menghemat baterai adalah dengan mengurangi notifikasi dan membatasi pemakaian data. Cara untuk mengurangi notifikasi adalah dengan me non-aktifkan aplikasi yang sering mengirimkan notifikasi, seperti media sosial.

Biasanya pada media sosial terdapat pilihan untuk mengatur agar notifikasi dikirimkan dalam interval waktu yang lebih lama. Cara ini dapat menghemat baterai karena mengurangi aktivitas sinkronisasi yang dilakukan di latar belakang sistem.

Cara yang kedua yaitu membatasi pemakaian data, yaitu dengan membuka panel yang berisi tabel konsumsi data di perangkat android. Dari panel tersebut, kita dapat melihat aplikasi yang banyak memakan data.

Pilih aplikasi tersebut dan batasi atau hapus izin pemakaian data. Cara ini akan melarang aplikasi untuk memakai koneksi internet secara otomatis, sehingga baterai dapat lebih hemat.

Cara ini bisa digunakan di saat darurat dan baterai sudah hampir habis. Selamat mencoba!
Stop! Jangan Menggunakan Cara ini untuk Menghemat Baterai Smartphone! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top