Wednesday, January 18, 2017

Stop! Jangan Percaya Mitos Salah tentang Lemak ini!

Orang-orang percaya bahwa hal yang membuat gemuk paling utama adalah lemak. Oleh karena itu, mulai ada diet yang bernama diet lemak. Diet lemak ini tentu saja menghindari makanan yang berlemak.

Tapi perlu kita ingat bahwa tubuh kita pun memerlukan lemak. Jadi, apakah aman melakukan diet lemak tanpa mengkonsumsi lemak sedikitpun?
Diet lemak / Gambar via healthimpactnews.com
Inilah mitos dan fakta tentang lemak:
  1. Mitos : Butter itu Buruk

    Fakta : Sedikit Butter tidak akan Menyakitimu

    Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, asupan mentega secukupnya dapat menjadi bagian dari diet yang sehat. Tentu saja jangan terlalu banyak menambahkan mentega, cukup sedikit saja dan jangan berlebihan.
  2. Mitos : Daging Merah bukan Bagian dari Pola Makan yang Sehat

    Fakta : Daging Olahan Berbahaya, tapi Daging Murni tidak

    Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Universitas Warsawa, menunjukkan bahwa pria yang memakan daging olahan seperti sosis, berisiko dua kali lebih mungkin meninggal karena gagal jantung. Sedangkan pria yang mengkonsumsi daging murni tidak menunjukkan risiko penyakit jantung.
  3. Mitos : Lemak Jenuh Menyumbat Arteri dan Menyebabkan Serangan Jantung

    Fakta : Peneliti Ditantang Lagi, Apakah Benar Lemak Jenuh Menyebabkan Serangan Jantung

    Jika kita benar-benar diet tanpa lemak termasuk lemak jenuh, tentu kita akan menjauhi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti mentega, keju, dan daging merah. Selain karena diet, juga karena menghindari penyebabkan penyumbatan arteri dan serangan jantung.

    Namun ternyata, studi dalam jurnal Annals of Internal Medicine menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara lemak jenuh dengan meningkatnya risiko serangan jantung. Justru sebaliknya, konsumsi lemak jenuh yang tinggi berkaitan dengan rendahnya risiko penyakit jantung.

    Tapi, para ahli memang tidak menyarankan untuk mengkonsumsi lemak jenuh untuk kesehatan. Boleh dikonsumsi asalkan dengan jumlah yang cukup.
  4. Mitos : Minyak Zaitun adalah Bom Waktu

    Fakta : Kita Perlu Beberapa Jenis Lemak untuk Konsumsi Harian

    Jangan mengkonsumsi hanya satu macam lemak saja, sebaiknya konsumsi makanan dengan berbagai macam lemak, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan salmon. Ini akan mencukupi asam lemak esensial dan pitosterol bagi tubuh agar terlindung dari penyakit.
  5. Mitos : Kolesterol dari Telur dapat Meningkatkan Kolesterol di dalam Darah

    Fakta : Kolesterol yang Kamu Makan, sedikit atau tidak Ada Hubungannya dengan Kolesterol di dalam Darah

    Telur itu baik, kolesterol di dalam darah dihasilkan oleh hati, jadi apa yang kamu makan memiliki dampak kecil pada tingkat kolesterol. Telur utuh adalah sumber protein yang merupakan salah satu sumber choine, yaitu sebuah neurotransmitter yang berhubungan dengan memori dan fungsi kognitif.
Jadi, sebelum mempercayai suatu mitos, cari tahu dulu mengenai faktanya ya!
Stop! Jangan Percaya Mitos Salah tentang Lemak ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top