Saturday, January 14, 2017

Tak hanya Waktu, Pertengkaran dalam Rumah Tangga pun Ada Manajemennya

Pertengkaran merupakan bumbu dalam rumah tangga. Pertengkaran seringkali muncul karena adanya perbedaan antara suami dan istri, beda pendapat, beda lingkungan tempat dibesarkan, dan hal lainnya. Hal ini wajar saja, bahkan pertengkaran dalam rumah tangga dapat menambah keharmonisan setelahnya.

Meski begitu, kewajaran ini bukan berarti membuat rumah tangga menjadi sering bertengkar. Justru pertengkaran harus dimanajemen dengan baik supaya cepat selesai dan suami istri kembali akur. Bagaimana caranya?
Manajemen pertengkaran dalam rumah tangga / Gambar via goodhousekeeping.com
Inilah cara memanajemen pertengkaran yang ada di dalam rumah tangga:
  1. Manajemen Emosi

    Jangan sampai kamu dikendalikan oleh amarahmu, serta kendalikan diri agar kamu tidak mengeluarkan kata -kata kasar yang menyakiti. Berkomunikasilah dengan pasangan, yang tentunya menuju ke arah solusi, bukan memperpanjang debat.
  2. Usahakan Anak tidak Mengetahui

    Jika melihat orang tua bertengkar, hal itu dapat membuat pandangan anak terhadap orang tua menjadi berubah. Yang tadinya anak sangat mencintai dan bangga dengan orang tua, tapi karena bertengkar semua itu luntur. Bahkan anak bisa juga menganggap orang tuanya jahat karena sering marah-marah.

    Oleh karena itu, selesaikan masalah kalian berdua. Bertengkar boleh asal sewajarnya dan anak tidak mengetahui. Jangan meninggikan suara, jika ada sesuatu yang membuat kalian berdebat, pergilah ke dalam kamar dan beraktinglah tidak ada masalah apapun ketika anak memergoki orang tua sedang berdebat.
  3. Jangan Mengungkit Kesalahan Pasangan di Masa Lalu

    Ketika pasangan melakukan kesalahan di masa lalu, jangan mengungkitnya kembali. Mengungkit kesalahan masa lalu hanya akan membuat hatimu puas, tapi pasanganmu bisa saja sakit hati.
  4. Jangan Menunda

    Jika ada satu masalah muncul, segeralah komunikasikan. Jangan menunda karena jika menunda justru akan memperpanjang masalahmu, apalagi jika banyak orang yang terlibat dalam masalah tersebut.
  5. Berjiwa Besarlah

    Meminta maaf memang suatu hal kecil yang sulit dilakukan, apalagi ketika sedang bertengkar dengan pasangan. Namun, kamu harus berjiwa besar untuk mau minta maaf supaya masalah cepat selesai, meskipun kamu merasa bahwa kamulah yang paling benar.
Itulah cara untuk dapat memanajemen pertengkaran dalam rumah tangga.
Tak hanya Waktu, Pertengkaran dalam Rumah Tangga pun Ada Manajemennya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top