Thursday, January 19, 2017

Talenan, Barang Sepele yang tidak Boleh Diabaikan!

Talenan adalah alat kecil yang digunakan di dapur untuk memberi alas ketika memotong sayuran atau daging. Memang terkesan sepele, tapi keberadaanya sangatlah penting. Selain itu, talenan pun bermacam-macam, ada yang terbuat dari plastik dan kayu.

Di sini kita akan membicarakan talenan kayu, dimana ketika kita memutuskan membeli talenan pasti kita harus bersedia merawatnya agar dapat bertahan lama. Inilah yang seringkali luput dari perhatian pemilik talenan.
Talenan / Gambar via 9jafood.com.ng
Inilah yang harus dilakukan untuk merawat talenan:
  1. Mengamplas

    Kamu juga bisa mengamplas talenan dengan menggunakan amplas yang halus, seperti 220 grit, untuk mencegah adanya serpihan yang bisa mencemari makanan.
  2. Menggunakan Minyak

    Mengoleskan minyak pada talenan juga penting untuk menjaga papan dari warping atau retak, karena kayu mengkerut dan memuai seperti saat terkena uap air. Sebaiknya, gunakan minyak mineral makanan yang aman setiap kali papan sangat kering.
  3. Usahakan Tetap Kering

    Jangan pernah meninggalkan talenan kayu dalam kondisi basah, karena akan menyebabkan lembab, warping pada kayu, retak, serta jamur. Apalagi setelah digunakan untuk memotong atau mengiris sesuatu yang berair dan meninggalkan residu.

    Bersihkanlah dengan air hangat dan sedikit sabun piring. Dan cucilah secara manual, jangan menggunakan mesin pencuci piring.
  4. Menggantinya

    Jika papan talenan sudah memiliki celah, mengganti adalah hal yang terbaik. Karena jika tidak diganti justru akan menyebabkan bakteri bersarang pada talenan.
Mulai sekarang, jangan abaikan talenan lagi dan semoga bermanfaat!
Talenan, Barang Sepele yang tidak Boleh Diabaikan! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top