Sunday, January 29, 2017

Tanpa Disadari, Kita sering Melakukan Kebiasaan Buruk ini saat Gosok Gigi!

Menggosok gigi adalah rutinitas harian setiap orang. Dengan menggosok gigi, kita dapat selalu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Ini juga merupakan salah satu cara merawat gigi agar tidak rusak karena makan dan minuman yang kita makan.

Sayangnya, tak banyak orang mengetahui kesalahan dalam menggosok gigi. Meski menggosok gigi, namun jika cara yang dilakukan salah dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi. Dan hal ini seringkali kamu lakukan sehingga menjadi kebiasaan.
Menyikat gigi dengan benar memberikan hasil yang optimal / Gambar via express.co.uk
Inilah kebiasaan buruk saat menggosok gigi:
  1. Menggosok Gigi dengan Waktu yang Singkat

    Membersihkan gigi janganlah terburu-buru. Perhatikan sela-sela dan bagian gigi yang akan dijangkau. Setidaknya dua menit adalah waktu yang pas untuk menyikat gigi. Jangan hanya asal terkena sikat dan pasta gigi hingga berbusa, tapi perhatikan juga setiap sela di dalam gigi.
  2. Menyikat Gigi Terlalu Keras

    Menyikat gigi terlalu keras akan merusak lapisan gigimu serta dapat membuat gusi berdarah. Oleh karena itu, gosoklah dengan perlahan. Jika sikat gigi yang kamu gunakan menimbulkan rasa sakit, segeralah ganti sikat gigi.
  3. Tidak Membersihkan Bagian dalam Gigi

    Plak yang menempel pada gigi tidak hanya menyerang gigi bagian depan, melainkan juga bagian dalam gigi. Oleh karena itu, perhatikan juga untuk menyikat gigi bagian dalam supaya dapat membersihkan plak bagian dalam.
  4. Menggunakan Sikat Gigi yang Terlalu Kasar

    Pilihlah sikat gigi yang berbahan lembut agar tidak merusak lapisan gigi dan gusi. Tak hanya itu, sikat gigi yang lembut justru dapat membuat plak bisa terangkat dengan baik.
  5. Tidak Membersihkan Lidah ketika Menggosok Gigi

    Kebanyakan orang menggunakan sikat gigi hanya untuk menyikat gigi, lidah tidak disikat. Padahal, lapisan tipis dari makanan dan minuman banyak yang terkumpul di lidah. Dan dengan menyikat lidah, kamu dapat mengurangi bau mulut hingga 70%!
  6. Malas Mengganti Sikat Gigi

    Jangan malas mengganti sikat gigi hanya karena kamu nyaman dengan sikat tersebut. Setidaknya kamu harus mengganti sikat gigi dalam tiga bulan, agar bulu-bulu sikat gigi tidak rusak yang malah dapat merusak gigi dan gusi.
  7. Teknik Menyikat Gigi yang Salah

    Yang paling penting adalah teknik mmenyikat gigi. Sikatlah gigi pada posisi tepat di sudut 30-45 derajat ketika menyentuh gigi. Posisi sikat yang lurus justru tidak memberikan hasil yang optimal.

    Lalu, putarlah sikat gigi dengan gerakan melingkar agar efektif menghilangkan plak. Jangan lupakan gigi bagian belakang, karena biasanya plak bersembunyi dalam jumlah yang banyak.
Jadi, biasakanlah mulai sekarang menyikat gigi dengan benar agar mendapatkan hasil optimal ya!
Tanpa Disadari, Kita sering Melakukan Kebiasaan Buruk ini saat Gosok Gigi! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top