Sunday, January 1, 2017

Ternyata Kalsium saja tak Cukup Menjaga Kebutuhan di Usia Lanjut loh!

Masalah utama yang dihadapi ketika usia sudah lanjut adalah masalah tulang. Tulang sudah mulai melemah. Dengan hal ini, kebanyakan orang akan mengatasinya dengan mengkonsumsi kalsium dan meminum susu.

Tapi ternyata, mengkonsumsi kalsium saja tidak cukup untuk menjaga kebutuhan di usia lanjut. Lalu, apa yang membuatnya cukup?
Kalsium / Gambar via blog.inrseminars.com

Inilah dua hal yang penting agar kerja kalsium tetap maksimal

Bertambahnya usia membuat kebutuhan kalsium meningkat. Asisten profesor kedokteran geriatrik di Universitas of Colorado, Kerry Hildreth MD, mengatakan bahwa seiring bertambahnya usia, wanita mengalami risiko besar terkena osteoporosis.

Suplemen kalsium untuk mencegah osteoporosis dan tulang keropos memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi wanita lanjut usia. Kebutuhan wanita di atas 45 tahun adalah 1.000 sampai 1.500 mg per hari. Tapi, kalsium saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Asupan kalsium perlu diimbangi dengan vitamin D, yang digunakan untuk penyerapan kalsium. Jadi, mengkonsumsi kalsium dan vitamin D secara bersama-sama adalah ide yang baik. Dan vitamin D yang paling baik diserap tubuh dapat kita dapatkan secara alami yaitu pada sinar matahari pagi, dimana kita dapat berjemur selama 20 menit sebelum pukul 9 pagi.

Namun pada lansia, mengkonsumsi kalsium dan vitamin D jika otot lemah juga tidak ada artinya. Sebaiknya, latih juga otot dengan berolahraga berjalan selama 10-20 menit per hari. Selain itu, pola makan sehat dan bervariasi sebelum usia 45 tahun juga akan sangat membantu.

Untuk yang masih di usia muda, ayo ubah pola hidup menjadi lebih sehat!
Ternyata Kalsium saja tak Cukup Menjaga Kebutuhan di Usia Lanjut loh! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top