Monday, January 23, 2017

Tips Atasi Gangguan Tidur di Tengah Menumpuknya Pekerjaan

Tidur yang berkualitas itu sangat baik. Karena, ketika tidur otak akan membuang racun yang terkumpul saat kamu sedang beraktivitas. Jika tidak memiliki waktu tidur dengan baik, maka racun tersebut akan tetap bersarang dalam sel syaraf dan jika terlalu lama akan menyebabkan kerusakan otak dan menurunnya kemampuan berpikir.

Tentu tak mau hal itu terjadi, bukan? Namun sayangnya, seringkali ketika kita ingin tidur berkualitas, tubuh sudah direbahkan di kasur, ada saja halangan yang membuat kita kembali berpikir, terutama jika itu menyangkut pekerjaan.

Saat sudah terbaring di atas kasur, karena penasaran kamu coba membuka ponsel, sekedar melihat email yang masuk atau melihat chat kantor. Tapi ternyata hal itu justru mengingatkanmu akan tugas dan pekerjaan. Alhasil kamu jadi kepikiran dan membuatmu susah tidur.
Susah tidur / Gambar via techly.com.au
Memang hal ini sangatlah mengganggu. Tapi tenang, karena hal tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara, seperti di bawah ini!

Inilah tips mengatasi gangguan tidur di tengah menumpuknya pekerjaan:
  1. Selesaikan di Kantor, Jangan Bawa Pekerjaan ke Rumah

    Selesaikan pekerjaan di kantor, jangan malah bersantai, dan jangan sampai kamu pulang membawa pekerjaan. Jika perlu, kamu bisa kerja lembur untuk menyelesaikannya. Ingat, rumah adalah tempatmu beristirahat.

    Jadi, usahakan untuk menjadikan rumah memang benar-benar tempat istirahatmu tanpa diganggu tugas kantor.
  2. Matikan Layar Elektronik dan Tidurlah dengan Posisi yang Tepat

    Kalau terpaksa kamu membawa tugas ke rumah, pasti kamu akan mengerjakannya meski itu sudah melewati waktu tidurmu. Dan tanpa sadar, layar laptop masih menyala tapi kamu sudah tertidur karena lelah.

    Jangan sampai itu terjadi karena radiasi elektronik dapat menyebabkan kanker. Selain itu, ketiduran pasti membuat posisi tidurmu tidak pas. Ini akan mengganggu kesehatan tulang, pernafasan, dan pasti kamu akan bangun dengan badan yang pegal.
  3. Jangan Lelah Membuat Agenda Pekerjaan

    Selalu buat agenda pekerjaan, apa yang akan kamu lakukan besok, atau bahkan kamu bisa membuatnya untuk lusa. Catatlah deadline pekerjaan, manakah pekerjaan yang harus diprioritaskan dan mana yang tidak.
  4. Lepaskan Kekhawatiran dari Imajinasi yang Terlalu Tinggi

    Sebelum tidur, kebiasaan buruk yang tanpa sadar kita lakukan adalah khawatir. Khawatir akan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu. Misalnya khawatir tentang baju apa yang akan dikenakan saat bekerja, mengapa teman sekantor tidak mau menegur, dan kekhawatiran lainnya.

    Buanglah pikiran negatif tersebut. Sebelum tidur, minumlah segelas air putih dan jangan lupa berdo'a.
Itulah tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gangguan tidur di tengah menumpuknya pekerjaan.
Tips Atasi Gangguan Tidur di Tengah Menumpuknya Pekerjaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top