Wednesday, January 4, 2017

Wanita ini tidak Sadar bahwa Ia tidak Memiliki Otak Kecil Selama 24 Tahun!

Pada otak, ada dua bagian yaitu otak besar dan otak kecil. Otak kecil atau cerebellum adalah bagian dari sistem syaraf pusat yang terletak di atas batang otak yang berfungsi sebagai pengontrol gerak dan kesetimbangan, serta membantu belajar dan mengingat kemampuan motorik.

Otak kecil adalah bagian dari otak, dan tentunya semua orang memilikinya. Tapi, apa yang terjadi jika seorang manusia tidak memiliki otak kecil?
Otak kecil / Gambar via neuroskills.com

Wanita ini tidak sadar bahwa ia tidak memiliki otak kecil selama 24 tahun!

Seorang wanita di China berusia 24 tahun datang ke dokter dan mengeluhkan mual serta muntah selama 1 bulan. Ia juga mengatakan bahwa ia selalu merasa pusing seumur hidupnya dan ia tidak dapat berjalan hingga usia 4 tahun. Ketika ia berjalan, jalannya pun tidak pernah normal dan stabil.

Ketika dokter melakukan pemeriksaan dengan CT scan dan MRI pada otak wanita tersebut, betapa kagetnya mereka karena mereka tidak menemukan adanya otak kecil. Ini berarti wanita tersebut tidak memiliki otak kecil sejak lahir dan ia tidak menyadarinya.

Dalam pemeriksaan tersebut, para dokter menemukan bahwa bagian yang seharusnya merupakan tempat dari otak kecil ternyata hanya berisi cairan otak (cairan serebrospinal). Tidak ada tanda-tanda jaringan otak disana.

Kejadian seperti ini memang bukan yang pertama kali terjadi, tapi kasus dimana penderitanya tidak mengalami gangguan mental berat atau gangguan motorik berat baru pertama kali ini terjadi. Wanita 24 tahun ini pun hanya mengalami gangguan motorik ringan hingga sedang, dan hanya sedikit cadel.

Hal ini bisa terjadi ketika seseorang dilahirkan dengan kelainan otak saat berusia masih sangat muda, maka bagian otak yang lain akan berusaha untuk membentuk suatu hubungan untuk mengkompensasi kehilangan atau kelainan tersebut. Dan seiring bertambahnya usia, maka kemampuan otak pun terbatas.

Semoga segera ditemukan cara agar kasus seperti ini dapat ditangani dengan baik dan penderitanya dapat bergerak seperti orang normal pada umumnya.
Wanita ini tidak Sadar bahwa Ia tidak Memiliki Otak Kecil Selama 24 Tahun! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top