Sunday, January 8, 2017

Wow! Hanya dengan Naik Kereta Api, Kamu dapat Merasakan Inovasi Baru ini

Bepergian dengan kereta api adalah salah satu pilihan yang masih digemari oleh banyak orang, termasuk juga Indonesia. Perjalanan darat antar provinsi atau antar kota dapat ditempuh dengan kereta api dan tentu tiketnya lebih murah daripada pesawat.

Jika kamu adalah orang yang sering bepergian, kamu akan merasakan beberapa perubahan dalam sistem perkereta apian. Dan inovasi ini dibuat untuk memberikan kenyamanan yang lebih bagi penumpang. Penasaran apa itu?
Stasiun kereta api / Gambar via commons.wikimedia.org
Inilah inovasi yang dapat kamu rasakan dengan naik kereta api:
  1. Pesan Makanan di Kereta Jauh Hari sebelum Berangkat

    Jika kamu sedang melakukan perjalanan jauh dan membutuhkan makanan, serta tak puas dengan makanan yang bisa dibeli langsung, kamu dapat melakukan pemesanan makanan sebelumnya. Pemesanan makanan dapat dilakukan minimal 2 hari sebelum keberangkatan.

    Kamu dapat menentukan menu apapun yang menjadi favoritmu, karena kereta api bekerja sama dengan beberapa restoran di Indonesia. Lokasi dan penyajian pun dapat kamu tentukan sendiri. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer ATM maksimal tiga jam setelah menerima notifikasi konfirmasi pembelian.

    Sayangnya, fasilitas pre-order meals ini baru dapat dinikmati oleh penumpang kereta api di Pulau Jawa. Untuk di luar Pulau Jawa, harap menunggu ya.
  2. Pembatasan Bagasi Penumpang

    Sama seperti di pesawat, di kereta api pun sejak akhir 2015 sudah menetapkan batas muat bagasi dengan maksimal berat 20 kg atau volume 100 dm3 (70x48x30 cm) per penumpang. Tiap kelebihan akan dikenakan biaya berbeda berdasarkan kelas, yaitu antara Rp 2.000 sampai Rp 10.000.

    Jika barang bawaan tidak lebih dari 20 kg, tapi tidak muat dalam alat ukur volume dan ukurannya tidak lebih besar dari 200 dm3, maka tetap dikenakan biaya tambahan.
  3. Sistem Check in Pesawat Mulai Diberlakukan

    Seperti halnya ketika kita naik pesawat, naik kereta pun mengharuskan kita untuk melakukan check in. Sistem ini diberlakukan untuk mengantisipasi tiket palsu dan meniadakan ketidaksesuaian tanggal keberangkatan tiket penumpang.

    Penumpang harus check in pada mesin check in Mandiri di stasiun sejak 12 jam sebelum keberangkatan. Check in dilakukan dengan cara mengetikkan kode boarding yang tercantum pada bukti transaksi pembelian tiket atau dengan scan barcode yang tersedia.

    Boarding pass ini akan berisi nama dan ID penumpang, kode booking, dan nama kereta api beserta tujuan dan jadwal keberangkatan. Inilah yang harus dibawa ketika pemeriksaan identitas di boarding gate stasiun satu jam sebelum keberangkatan. Namun sistem ini baru berlaku di Jakarta, Madiun, Bandung, Purwokerto, dan Yogyakarta.
Kini naik kereta akan lebih nyaman dan semoga tak hanya di Pulau Jawa, tapi juga menyeluruh di pulau-pulau lain di Indonesia.
Wow! Hanya dengan Naik Kereta Api, Kamu dapat Merasakan Inovasi Baru ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top