Tuesday, January 3, 2017

Wow! Inilah Keunikan Dibalik Sejarah Penemuan Benda-benda yang Kita Gunakan Sehari-hari

Jika berbicara mengenai penemuan, biasanya kita akan langsung terlintas ingat penemu telepon, internet, atau lampu. Ya, benda-benda ini memang ditemukan oleh ilmuwan dengan eksperimen yang berulang kali.

Selain itu, sadarkah kamu dengan barang-barang yang kamu gunakan setiap hari? Seperti sedotan, korek api, pembuka kaleng, dan hal-hal yang kita gunakan sehari-hari? Mereka semua juga hasil dari penemuan, bukan ada secara tiba-tiba. Mau tahu sejarahnya seperti apa?

Inilah keunikan dibalik sejarah penemuan benda-benda yang kita gunakan sehari-hari:
  1. Korek Api

    Josh Walker penemu korek api / Gambar via express.co.uk
    Sejak tahun 1824, seorang ahli kimia bernama John Walker berhasil membuat korek api dan menjualnya. Korek api ini terbuat dari campuran zat yang mudah terbakar ketika digosok ke permukaan yang kasar. Bayangkan saja jika korek api tidak ditemukan, mungkin kita masih menyalakan api dengan batu atau kayu yang digosok.
  2. Tutup Gelas

    Tutup gelas kopi / Gambar via wired.com
    Sekarang ini sedang trend orang berangkat bekerja atau beraktivitas lainnya sambil menikmati kopi di perjalanan. Untungnya, gelas kopi sekarang ini sudah dilengkapi dengan tutup anti tumpah, sehingga sambil menyetir di mobil atau sambil berjalan tidak akan tumpah.

    Berterimakasihlah pada Jack Clements yang telah menemukan tutup gelas ini. Tutup ini diberi nama The Solo Traveler Lid dan telah beredar di tahun 1986.
  3. Bubble Wrap

    Alfred Fielding dan Marc Chavannes / Gambar via toppr.com
    Meskipun terlihat sederhana berupa plastik gelembung, tapi plastik ini sangat berguna untuk melindungi barang yang ada di dalam kemasan. Di tahun 1957, Alfred Fielding dan Marc Chavannes adalah penemunya.
  4. Pembuka Minuman Kaleng

    Penemuan ini sebenarnya tak sengaja, berawal dari Ermal "Ernie" Fraze, yang sedang berpiknik. Kala itu, ia membawa minuman kaleng, namun lupa membawa pembukanya karena dulunya minuman kaleng tidak ada pembuka yang menempel di atasnya seperti sekarang, melainkan membutuhkan pembuka khusus.
    Pembuka minuman kaleng / Gambar via gralon.net 
    Akhirnya, ia mencari berbagai cara agar kaleng itu dapat terbuka meski tanpa pembukanya. Dari sanalah ia mendapatka ide untuk membuat pembuka kaleng yang menempel di atasnya dan penemuan itu terjadi di tahun 1959.
  5. Sedotan Bengkok

    Joseph Friedman / Gambar via amhistory.si.edu
    Dulunya, sedotan tidak dibuat secara bengkok, melainkan lurus. Namun, karena pengalaman Joseph Friedman yang berawal dari kesulitan anaknya saat akan meminum milk shake dengan sedotan yang lurus, Friedman kemudian terpikir sedotan bengkok. Dan hasilnya, di tahun 1937 ia menciptakan sedotan yang bengkok itu.
Itulah sejarah dibalik benda yang kita gunakan sehari-hari. Kiranya ada benda sehari-hari yang belum ditemukan? Mungkin kamu bisa menjadi salah satu penemunya.
Wow! Inilah Keunikan Dibalik Sejarah Penemuan Benda-benda yang Kita Gunakan Sehari-hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top