Saturday, January 7, 2017

Yakin Anak Pasti Pandai dengan Belajar? Cara Belajar ini Justru Buat Anak Menjadi Bodoh

Setiap orang tentu saja menginginkan anak-anak mereka berhasil, terutama dalam hal pendidikan. Tak heran jika orang tua menginginkan kualitas yang terbaik bagi pendidikan anak-anak mereka.

Orang tua rela menyiapkan biaya tinggi untuk menyekolahkan anaknya di sekolah favorit, memaksa anak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler untuk menunjang keahliannya diluar akademik, serta tetap memaksa anak untuk ikut les.

Apakah itu hal yang baik? Karena menurut penelitian ada cara belajar yang justru menyebabkan anak menjadi bodoh. Apa saja itu?
Seorang anak sedang belajar / Gambar via parade.com

Kebiasaan belajar ini justru sebabkan anak menjadi bodoh

Kebiasaan yang pertama adalah memaksa anak untuk belajar lama, lebih dari 30 menit. Padahal, belajar yang baik adalah tak boleh lebih dari 30 menit.

Memang sebentar, tapi sebaiknya lakukanlah dengan terus menerus setiap hari dan konsisten terhadap waktunya, misalnya setiap pukul tujuh malah maka di hari berikutnya pun dilakukan pukul tujuh malam.

Hal ini dilakukan untuk menstimulasi otak agar terjaga di jam tersebut. Selain itu, informasi yang disampaikan juga lebih efektif. Dan dalam sehari, bisa dilakukan lebih dari satu kali, misalnya setiap pukul 7 malam, pukul 3 sore, dan pukul 5 sore.

Kebiasaan selanjutnya adalah belajar hingga tengah malam. Anak-anak yang belajar lama bahkan sampai larut malam justru memiliki performa buruk di sekolah. Hal ini malah membuat anak cepat jenuh dan membuat otak cepat lelah.

Jadi, mulailah mengatur jadwal belajar anak. Jangan terlalu memaksa jam belajar yang lama, yang terpenting adalah konsisten dengan waktu agar pelajaran yang diterima pun efektif.
Yakin Anak Pasti Pandai dengan Belajar? Cara Belajar ini Justru Buat Anak Menjadi Bodoh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top