Monday, May 1, 2017

Inilah Cara Elegan Dalam Menanggapi Pujian Agar Tidak Salah Tingkah

Sebagai manusia, tentu kita pernah dipuji seseorang, entah karena telah berjasa atau membuat suatu karya yang hebat. Mendapatkan pujian memang terlihat enak, hati merasa senang dan bangga. Namun kebanggaan yang membumbung tinggi tersebut bisa jadi boomerang bagi kita.
Ilustrasi mendapatkan pujian / gambar via powtoon.com
Karena jika terjadi kesalahan dalam menanggapi pujian, kita bisa jadi salah tingkah dan canggung, malahan lawan bicara bisa juga jadi tersinggung loh. Maka dari itu, dalam menanggapi pujian, kita perlu menggunakan cara-cara yang elegan. Berikut ini caranya :

4 Cara elegan menanggapi pujian :

1. Ucapkan terima kasih

Hal ini tentu harus kamu lakukan. Berterima kasih adalah hal wajib. Ucapkan terima kasih secukupnya. Dengan mengucapkan terima kasih, kamu sudah menunjukkan apresiasimu. 

2. Tunjukkan raut muka sumringah

Bahasa tubuh sangat berpengaruh dalam hal ini. Ketika ada seseorang memujimu, cobalah untuk menampilkanwajah bahagia sumringah. Jaga kontak mata dengan orang yang memujimu. Kamu harus menghindari bahasa tubuh yang membuat dirimu terlihat menutup diri, salah satunya adalah dengan menyilangkan tangan di  depan dada. Sambut mereka yang memberimu pujian dengan aura-aura positif.

3. Sharing

Setelah kamu berterima kasih, memberikan raut wajah sumringah, namun suasana masih canggung, cobalah untuk sharing tentang perasaan dan pengalamanmu, sehingga obrolan bisa lebih cair dan nyaman. Setelah itu, cobalah untuk memberi kesempatan atau kesan kepada orang yang memberimu pujian tersebut tentang pendapatnya atau pengalamannya. Hal ini cukup penting agar kamu tidak terlalu mendominasi percakapan.

4. Sebut jasa orang lain

Kamu juga perlu untuk menyebut jasa orang lain atas prestasimu tersebut. Misal jasa dosen kamu yang telah banyak memberikan bimbingan sehingga kamu bisa mewujudkan karya tersebut. Atau bisa juga jasa teman-temanmu yang terlibat. Hal ini perlu agar kamu tidak jadi tinggi hati dan lupa diri. 
Inilah Cara Elegan Dalam Menanggapi Pujian Agar Tidak Salah Tingkah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top