Thursday, May 4, 2017

Jigger, Kutu Terkecil di Dunia yang Mematikan

Kutu seringkali hidup di kepala manusia. Meski bentuknya kecil, namun efek gigitannya menimbulkan rasa gatal yang mengesalkan. Namun ternyata ada kutu yang lebih kecil lagi di dunia. Besarnya hanya sebutir pasir. Yang lebih mengerikan, gigitan kutu kecil ini dapat mematikan. Kutu ini bernama tunga penetrans atau lebih sering dikenal dengan jigger.
Jigger, kutu kecil mematikan / gambar via jigger-ahadi.org
Saking kecilnya, kutu ini bahkan sulit dibedakan dengan butiran pasir. Habitat kutu ini banyak berada di Afrika. Dia bersembunyi dalam pasir dan tanah menunggu kaki manusia menginjak. Setelah terinjak oleh kaki manusia, maka jigger pun mulai bergerak. Serangga ini dapat bergerak masuk ke dalam kulit kaki manusia.

Jigger dapat mengubur kepala mereka dalam daging dan membiarkan perutnya terbuka. Setelah kurang lebih 2 minggu, perut jigger membesar karena telurnya. Kemudian telur itu berkembang biak, menghancurkan jaringan lunak, pembuluh darah dan saraf.

Jika serangga ini sudah hidup di kaki manusia, efeknya sangat menyakitkan jika tak segera diobati. Karena begitu telur menetas, sang induk akan meninggal. Kondisi inilah yang sering mengakibatkan infeksi.

Biarpun dokter bisa mengangkat parasit tersebut, ada pandangan sosial tertentu sehubungan dengan infeksi akibat serangga yang sudah berkembang biak di dalam kaki. Infeksi ini dapat menyebabkan amputasi anggota badan, dan yang paling buruk adalah dapat menyebabkan
kematian.
Jigger, Kutu Terkecil di Dunia yang Mematikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top