Saturday, June 3, 2017

Hati - Hati! Hal Sepele ini Justru dapat Menurunkan Kualitas Puasamu!

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat. Segala kebaikan kita dilipat gandakan pahalanya. Tentu saja bulan ini menjadi lebih spesial dari bulan yang lain bagi umat Islam.

Karena spesial itu, tentu juga ada hal - hal yang harus dihindari. Meskipun di hari dan bulan selain Ramadhan hal ini terkesan sepele, namun ketika bulan Ramadhan jangan remehkan hal ini karena dapat menurunkan kualitas puasa yang kamu jalankan.
Puasa / Gambar via islam.ru
Inilah hal sepele yang dapat menurunkan kualitas puasamu:
  1. Riya' dalam Beribadah

    Bulan Ramadhan memang bulan yang tepat untuk meningkatkan ibadah. Namun sayangnya, berlomba - lomba dalam hal ibadah ini kerap kali disalah gunakan. Kebanyakan masih sering pamer ibadahnya melalui sosial media. Padahal, ibadah seharusnya adalah hubungan khusyu' antara Allah Ta'ala dengan hamba-Nya, bukan untuk dipamerkan.
  2. Menjaga Pandangan

    Jangan pandangan dari sosial media atau YouTube. Terkadang ada hal - hal yang tidak pantas kita lihat ada di sana.
  3. Kurangi Bermain Internet

    Menghabiskan waktu dengan berselancar di internet adalah cara yang menyenangkan untuk melewati hari puasa hingga adzan magrib terdengar, seolah penat dan dahaga dapat ditepiskan. Namun hati - hati, inilah kenyamanan jebakan setan. Jangan sampai asyik berselancar internet jadi lupa ibadah.
  4. Cara Menghabiskan Waktu

    Kurangi menonton sinetron yang mempertontonkan keburukan serta jangan menghabiskan banyak waktu untuk bermain game. Sama dengan internet, dua hal ini adalah jebakan setan.
  5. Jangan Terlalu Lama di Dapur

    Awal - awal puasa biasanya ibu - ibu atau para istri sedang semangat - semangatnya membuat aneka masakan untuk berbuka atau untuk camilan. Jangan sampai hal ini justru membuat lupa akan ibadah. Memasak untuk keluarga adalah hal yang baik, asalkan dilakukan sebagaimana mestinya dan tidak berlebihan.
  6. Jauhi Ngabuburit

    Budaya orang Indonesia adalah ngabuburit, yaitu berburu ta'jil untuk berbuka puasa. Menyenangkan memang, tapi hati - hati jangan sampai ngabuburit malah menjadikan pahala puasa berkurang karena tidak dapat menjaga pandangan dan nafsu ingin makan.
  7. Jauhi Ghibah

    Mungkin asyik rasanya membicarakan orang lain. Tapi, tahukah bahwa membicarakan orang lain atau ghibah adalah hal yang dapat menggugurkan pahala puasa, bahkan sebagian ulama mengatakan bahwa hal tersebut membatalkan puasa.

    Kurangi mengobrol karena terlalu banyak mengobrol akan mengeraskan hati. Sebaiknya, perbanyaklah membaca Al Qur'an agar hati menjadi lembut.
  8. I'tikaf sebagai dalih untuk bersendau gurau di masjid

    I'tikaf dilakukan di bulan Ramadhan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala. Jangan sampai di masjid hanya untuk mengobrol dan bersenda gurau dengan dalih i'tikaf.
Tak mau kan, kualitas puasa menurun dan pahala berkurang karena mengerjakan hal tersebut. Oleh karena itu, isilah hari - harimu dengan banyak beribadah, rajin sholat lima waktu dan sholat sunnah, perbanyak membaca Al Qur'an dan bersedekah. Semoga ibadah kita diterima oleh Allah Ta'ala, Aamiin.
Hati - Hati! Hal Sepele ini Justru dapat Menurunkan Kualitas Puasamu! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top