Tuesday, June 13, 2017

Ingin Tetap Sehat saat Berpuasa? Ikuti Tips ini!

Kebanyakan orang melakukan puasa merasa berat karena mereka berpikir tidak makan dan minum selama seharian. Terlebih di Indonesia yang memiliki cuaca panas. Bahkan, orang sengaja mengurangi aktivitasnya dengan alasan puasa.

Padahal, puasa bukan alasan untuk bermalasan. Justru puasa akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, organ tubuh juga dapat beristirahat dari proses pencernaan makanan. Namun, puasa yang sehat tak hanya dapat menahan lapar dan dahaga, pola makan pun juga harus tetap dijaga dengan baik.

Inilah tips agar tetap sehat saat berpuasa:
  1. Mengkonsumsi Buah untuk Melancarkan Pencernaan

    Konsumsi buah / Gambar via quora.com
    Puasa menjadikan pola makanmu berubah. Namun, jangan jadikan ibadah sebagai alasan masalah pencernaanmu karena hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah yang cukup. Konsumsilah buah di saat buka puasa dan sahur atau di malam hari sebagai camilan supaya kamu tidak mengalami masalah pencernaan.
  2. Kurangi Mengkonsumsi Es

    Kurangi konsumsi es / Gambar via fruit-me.co.uk
    Ini yang cukup sulit dihilangkan. Panasnya tubuh setelah berpuasa seharian mendorong keinginan kita untuk mengkonsumsi dingin, seperti es. Padahal, mengkonsumsi es dapat membuat tenggorokan shocking, karena suhu asli tenggorokan dan suhu es berbeda. Selain itu dapat membuat pusing dan jadi lunglai.
  3. Hindari Takjil Berbahan Lemak Jenuh

    Yang menjadikan puasa seru adalah acara berburu takjil. Mulai sore menjelang buka pasti banyak orang yang keluar rumah untuk membeli takjil. Karena perut lapar, kita jadi terlena dengan membeli banyak makanan yang ternyata makanan tersebut mengandung lemak jenuh, seperti gorengan dan santan.
    Gorengan / Gambar via healthcastle.com
    Sebaiknya, awalilah buka puasa dengan minum air putih hangat dan lanjutkan dengan makan buah. Selanjutnya, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan protein.
  4. Konsumsi Glukosa yang Seimbang

    Konsumsi Glukosa yang Seimbang / Gambar via mensxp.com
    Terlalu banyak mengkonsumsi glukosa akan membuat tubuh jadi lemas. Oleh karena itu, batasi asupan glukosa pada tubuh dengan mengurangi konsumsi makanan - makanan yang manis.
  5. Minum Air Putih yang Cukup

    Air putih / Gambar via learn.allergyandair.com
    Jangan terlena dengan banyaknya aneka minuman saat buka puasa. Susu, teh manis, es buah, jus, dan minuman lain boleh saja dikonsumsi, asalkan jangan lupa untuk minum air putih. Cukup 5 gelas sehari, 2 gelas saat buka puasa, 2 gelas sebelum tidur, dan 1 gelas saat sahur, atau di saat kapanpun yang terpenting tubuh tidak kekurangan cairan.
Itulah tips agar kamu tetap sehat ketika menjalankan ibadah puasa. Selamat menjalankan ibadah puasa!
Ingin Tetap Sehat saat Berpuasa? Ikuti Tips ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top