Saturday, June 24, 2017

Inilah Cara Membunuh Ikan yang Benar Menurut Islam

Seringkali kita bingung ketika akan mengolah ikan, pasalnya meskipun ikan sudah dipukul, disayat, bahkan dibuka leher dan dikeluarkan organ dalamnya, ikan tersebut masih tetap hidup.

Sebagai manusia yang berperasaan tentu kita tak tega meliat makhluk hidup seperti itu. Tapi nyatanya kita tetap saja mengkonsumsi ikan. Lalu, bagaimana cara membunuh ikan yang benar menurut Islam?
Cara membunuh ikan / Gambar via YouTube muddyrivercatfishing

Inilah cara membunuh ikan yang benar menurut Islam

Dua hewan yang halal dimakan oleh umat Islam meskipun sudah menjadi bangkai adalah ikan dan belalang. Hal ini ditegaskan dalam sabda Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, "Dihalalkan untuk kita dua bangkai dan dua gumpalan darah. Untuk bangkai: ikan dan belalang. Utuk gumpalan darah: liver (hati) dan limpa." (HR. Ahmad, Ibn Majah)

Oleh karena itu, ikan yang mati dengan cara apapun hukumnya tetap halal dikonsumsi. Karena ikan tidak seperti kambing, ayam, sapi, atau kerbau yang memiliki leher sehingga dapat disembelih, jadi tanpa disembelih ikan pun tetap dapat dikonsumsi.

Namun, ada syarat dalam pengolahan ikan. Jika kita mendapatkan ikan yang masih hidup dan harus segera dimasak, maka adab yang baik adalah mematikannya dengan cara yang paling cepat membuat ikan tersebut mati. Sehingga ikan tidak merasa tersiksa.

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Sesungguhnya Allah Ta'ala mewajibkan untuk berbuat baik kepada makhluk apapun. Karena itu, jika kalian ingin membunuh, bunuhlah dengan cara yang baik. Dan jika ingin menyembelih, sembelihlah dengan cara yang baik. Hendaknya kalian mengasah pisau kalian, agar sembelihannya cepat mati." (HR. Ahmad, Nasai, Turmudzi)

Ikan adalah salah satu nikmat Allah Ta'ala yang dapat kita konsumsi. Oleh karena itu, tetaplah kita perlakukan ikan dengan baik sesuai adab dalam Islam dan membunuhnya dengan cara yang baik pula.

Wallahu a'lam
Inilah Cara Membunuh Ikan yang Benar Menurut Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top