Friday, June 30, 2017

Jangan Salah! Inilah Penggunaan Subhanallah dan Masya Allah yang Benar

Sebagai seorang muslim, sudah wajar jika kita melihat hal yang tidak wajar, misalnya sedang terkejut, kagum, senang, atau perasaan lainnya kita mengucapkan kalimat-kalimat seperti subhanallah, masya Allah, alhamdulilah, astagfirullah, dan kalimat lainnya.

Memang kalimat-kalimat ini yang paling baik karena mengandung arti yang baik juga, daripada latah yang malah mengucapkan kata-kata yang tidak baik. Sayangnya, kita kerap kali salah dalam penggunaan dua kata ini, yaitu subhanallah dan masya Allah. Lalu bagaimana pengucapan yang benar?
Ucapkan masyaAllah ketika melihat sesuatu yang indah / Gambar via beautyscenery.com

Inilah penggunaan subhanallah dan masya Allah yang benar

Subhanallah artinya Maha Suci Allah, dan diucapkan ketika melihat atau mendengar keburukan serta hal yang tidak baik. Sedangkan masya Allah artinya, semua yang terjadi adalah kehendak Allah dan diucapkan ketika melihat sesuatu yang indah atau mengagumkan.

Namun, kita seringkali salah dan terbalik mengucapkan kata subhanallah dan masya Allah.

Abu Hurairah pernah berkata, "Suatu hari aku berjunub dan aku melihat Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam berjalan bersama para sahabat, lalu aku menjauhi mereka dan pulang untuk mandi junub. Setelah itu aku datang menemui Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.

Kemudian, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Wahai Abu Hurairah, mengapakah engkau malah pergi ketika kami muncul?" Aku menjawab, "Wahai Rasulullah, aku kotor (dalam keadaan junub) dan aku tidak nyaman untuk bertemu kalian dalam keadaan junub. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Subhanallah, sesungguhnya mukmin tidak najis".
" (HR. Tirmidzi)

Sedangkan mengenai kalimat masya Allah, terdapat dalam surat Al Kahfi ayat 39 yang artinya, "Dan mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu, 'Masya Allah, laa quwwata illaa billaah (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Sekiranya kamu anggap aku lebih sedikit darimu dalam hal harta dan keturunan."

Jadi, jangan salah mengucapkan lagi, sesuaikan kalimat dengan keadaan yang sesungguhnya agar tidak terjadi salah tafsir.
Jangan Salah! Inilah Penggunaan Subhanallah dan Masya Allah yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top