Monday, July 3, 2017

3 Manfaat Berwirausaha Setelah Memasuki Masa Pensiun

Pensiun adalah masa yang pasti akan dilewati oleh seorang karyawan. Dengan pensiun berarti masa bekerja pada suatu perusahaan atau tempat kerja lainnya telah usai. Meski tetap mendapatkan gaji berupa uang pensiun atau pesangon, namun fakta menunjukkan bahwa 9 dari 10 pekerja tidak siap memasuki masa pensiun. 

Banyak yang khawatir dengan pemasukan keuangan ketika pensiun menjelang. Ketika pensiun, karyawan akan kehilangan gaji antara 80% hingga 90%. Selain itu, ada juga yang khawatir dengan apa yang akan dilakukannya setelah pensiun. Kesibukan apa yang akan mereka kerjakan selanjutnya.
Ilustrasi masa pensiun / gambar via money.usnews.com
Nah, menjawab berbagai pertanyaan tersebut. Ada baiknya anda berwirausaha setelah pensiun. Selain bisa menambah penghasilan, anda juga akan tetap memiliki kesibukan lain, selain santai-santai di rumah atau sekedar bermain dengan cucu-cucu anda. Biar lebih afdol, berikut saya berikan manfaat apa saja yang bisa anda dapatkan dengan berwirausaha setelah memasuki masa pensiun.

3 Manfaat berwirausaha setelah memasuki masa pensiun :

  1. Menikmati pekerjaan dengan peran berbeda

    Ketika masih aktif bekerja secara penuh waktu, anda mungkin hanya berfokus pada pekerjaan utama anda. Misal di bagian marketing ya marketing terus. Setelah pensiun, dengan berwirausaha anda bisa saja mendapatkan posisi berbeda yang lebih memuaskan. Mungkin bisa menjadi pemilik sekaligus marketing atau posisi lainnya.
  2. Membantu tetap sehat secara fisik dan mental

    Setelah pensiun, seseorang akan rentan terkena penyakit yang berkaitan dengan usia, salah satunya adalah demensia. Demensia merupakan perubahan cara berfikir dan berinteraksi dengan orang lain. Penyakit ini sangat erat hubungannnya dengan cara seseorang mengingat sesuatu, pikiran, kemampuan, motorik, dsb.

    Dengan berwirausaha setelah pensiun, dapat menunda terjangkitnya penyakit-penyakit seperti itu. Dengan tetap berwirausaha, fisik dan mental juga akan tetap aktif, sehingga kesehatannya lebih terjaga.

    Berwirausaha juga dapat mengusir kebosanan, menghilangkan kesepian, memberi kepuasan tersendiri serta membuat anda aktif secara sosial.
  3. Menjadikan hobi sebagai penghasilan tambahan

    Selama bekerja mungkin anda mengabaikan hobi-hobi yang selama ini anda sukai. Setelah pensiun, inilah saat yang tepat untuk kembali menekuni hobi tersebut dan menjadikannya sebagai sumber penghasilan tambahan di masa pensiun. Hal ini tentu lebih baik daripada anda hanya menganggur dan mengandalkan uang pensiun bulanan.
Itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan berwirausaha setelah pensiun. Semoga bermanfaat :)
3 Manfaat Berwirausaha Setelah Memasuki Masa Pensiun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top