Wednesday, July 5, 2017

4 Persiapan Penting yang Perlu Dilakukan Bunda untuk Buah Hatinya yang Masuk Sekolah Baru

Kalender pendidikan tahun pelajaran 2017 / 2018 akan segera dimulai pertengahan juli nanti. Jika bunda memiliki anak yang sudah memasuki usia sekolah, maka inilah saatnya mencari sekolahan untuk sang buah hati. Jika kemarin belum masuk TK, maka harus dipersiapkan segala sesuatunya mulai sekarang. Jika kemarin sudah lulus TK, maka persiapan mencari SD.

Meski terlihat sepele, persiapan-persiapan ini harus dilakukan sebaik mungkin. Baik bunda maupun buah hatinya harus siap secara mental. Bunda harus rela melepas anaknya untuk ke sekolah. Begitu juga sang buah hati, harus bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya. Agar lebih jelas, di bawah ini saya sajikan lebih detail persiapan apa saja yang harus diperhatikan bunda untuk buah hatinya yang akan masuk ke sekolah baru.
Bunda dan buah hati / gambar via huffingtonpost.com

Persiapan penting yang harus dilakukan bunda sebelum anak masuk sekolah :

  1. Mencari sekolah yang tepat

    Karena persiapan masuk sekolah tentu harus mencari sekolah yang tepat. Tak hanya berkualitas, carilah sekolah yang tepat untuk anak. Lakukan survei terhadap beberapa sekolah, cari pertimbangan dan masukan dari orang-orang, mungkin saudara, tetangga, teman dan sebagainya. Tidak hanya sekolah terbaik, namun juga harus tepat, bisa menunjang produktivitas anak secara maksimal.
  2. Menyiapkan mental anak

    Mental anak harus disiapkan sebaik mungkin. Asah terus kepekaan anak terhadap lingkungan sekitar dan kehidupan sosialnya. Hal ini bertujuan agar anak bisa berteman dengan anak-anak lain di sekolah. Kemandirian anak juga harus selalu dilatih, mulai dari memakai sepatu sendiri, mengancingkan baju sendiri, hingga buang air sendiri. Tanamkan pada anak bahwa sekolah adalah hal yang menyenangkan, sehingga anak tidak takut untuk masuk ke sekolah baru nantinya.
  3. Perencanaan biaya pendidikan

    Berlangsungnya proses pendidikan bertahun-tahun tentu memerlukan biaya pendidikan dengan jumlah tertentu. Maka dari itu perlu persiapan matang. Hitung secara cermat biaya pendidikan anak, apalagi jika bunda memiliki lebih dari satu anak. Diskusikan dengan baik bersama suami.
  4. Merelakan anak dengan dunia barunya

    Sebagai seorang ibu, tentu bunda tak bisa melepaskan total anak di sekolahnya begitu saja. Pasti ada perasaan cemas, hingga rasa takut yang berlebihan. Mungkin tidak semua ibu mengalami hal ini, namun sebagai seorang ibu, harus bisa meredam berbagai rasa tersebut. Jangan sampai ada dramatisasi, jika tidak, anak akan merasa terbebani ketika pergi ke sekolah.
Demikianlah berbagai persiapan yang perlu bunda lakukan untuk anaknya yang memasuki sekolah baru. Semoga bermanfaat :)
4 Persiapan Penting yang Perlu Dilakukan Bunda untuk Buah Hatinya yang Masuk Sekolah Baru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top