Saturday, July 15, 2017

Alasan Kenapa Kita Sering Mengulang Lagu yang Sama di Pikiran

Kamu pasti pernah mengulang-ulang lagu yang sama di pikiranmu. Jangan-jangan ketika kamu membaca artikel ini, kamu juga sedang mengulang sebuah lagu di pikiranmu. Saat aku mengetik artikel ini, aku pun sedang mengulang sebuah lagu di pikiranku. Lagu tersebut adalah lagu lawas dari Dewa 19 yang berjudul Still I'm Sure We Love Again. Entah kenapa lagunya enak untuk diulang. Mungkinkah aku sedang rindu pada seseorang? Hahah. Yang tahu lagunya, jangan baper ya :D

Hal tersebut ternyata bisa dikaji secara ilmiah. Keadaan seperti ini disebut INMI (Involuntary Musical Imagery), ada juga yang menyebutnya dengan earworms. Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengalami INMI. Penelitian terdahulu telah mengungkapkan beberapa penyebab munculnya INMI.
Gambar sekedar ilustrasi / via huffingtonpost.com
Beberapa pemicunya antara lain : seberapa sering kamu mendengarkan lagu yang sama, dimana dan kapan kamu pertama kali mendengarkan lagu tersebut. Namun, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa selain kedua hal di atas, ada hal lain yang juga menjadi pemicu terjadinya INMI.

Sebanyak 3.000 orang menjadi partisipan dalam penelitian terbaru itu. Setelah diteliti, para ahli menemukan bahwa lagu yang sering diulang ternyata memiliki beberapa kesamaan, antara lain :
  1. Memiliki tempo dengan nada naik turun (upbeat)
  2. Memiliki lirik yang terus diulang
  3. Memiliki nada yang mudah diingat

Berikut ini 4 contoh lagu yang sering membuat orang mengalami INMI :

  1. Bad Romance - Lady Gaga
  2. Can’t Get You Out Of My Head - Kylie Minogue
  3. Moves Like Jagger - Maroon 5
  4. Bohemian Rhapsody – Queen

Cara menghentikan INMI :

Mengulang-ulang lagu secara terus menerus di pikiran terkadang membuat jenuh juga. Ada cara untuk menghentikannya :
  1. Jangan mencoba menghentikannya. Sebaliknya, kamu justru dianjurkan untuk melanjutkan keseluruhan lagu hingga tak lagi dapat mengingat lirik lagunya. Dengan cara ini, alunan lagu dalam pikiran dapat berhenti dengan sendirinya. 
  2. Alihkan perhatianmu dengan mendengarkan lagu lainnya.
Alasan Kenapa Kita Sering Mengulang Lagu yang Sama di Pikiran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top