Sunday, July 2, 2017

Burung Gagak Bisa Dendam Juga Ternyata, Ini Buktinya

Bermain dengan hewan peliharaan memang menyenangkan. Banyak hewan peliharaan lucu yang bisa diajak bermain di rumah, mulai dari kucing, kelinci, burung, dan berbagai hewan peliharaan lucu nan jinak lainnya. Ngomongin soal burung, ada satu burung yang sebaiknya harus sangat berhati-hati ketika bermain dengannya. Burung tersebut adalah burung gagak. Kenapa begitu?

Burung gagak ternyata dikenal sebagai burung yang cerdas. Burung berwarna hitam ini bahkan bisa mengingat orang yang pernah mengganggunya dan membalasnya di waktu lain ketika bertemu kembali dengan orang tersebut.
Burung gagak / gambar via en.wikipedia.org

Penelitian terhadap burung gagak

Sebuah penelitian tentang hal tersebut dilakukan oleh Animal Behavior. Para peneliti melatih 9 gagak sebagai bahan penelitian mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah para gagak tersebut bisa membedakan mana tindakan yang adil dan tidak.

Percobaan dilakukan dengan menaruh burung gagak ke dalam kandang dengan 2 orang pelatih. Pelatih yang pertama memberikan burung gagak tersebut sepotong roti, kemudian burung gagak itu memberikan rotinya kepada pelatih yang satunya lagi untuk ditukar dengan keju.

Pada kesempatan yang kedua, si burung gagak tidak bisa mendapatkan kembali keju yang ia tukar dengan roti. Ia melihat si pelatih memakan keju yang seharusnya diberikan kepadanya.

Di hari kedua, ketujuh gagak tersebut disuruh memilih diantara 3 pelatih yang ada. Pelatih yang pertama adalah pelatih adil yang memberikan mereka roti. Pelatih kedua adalah yang tidak adil, yang memakan keju milik para gagak tersebut. Sedangkan pelatih ketiga adalah pelatih yang netral.

Dari ketujuh gagak tersebut, 6 gagak memilih pelatih yang memberikannya roti, satu lagi memilih pelatih yang netral. Yang mengejutkan, para gagak tersebut tidak ada yang memilih pelatih yang tidak memberikan keju kepada mereka.

Sebulan kemudian, para peneliti ini pun kembali menguji para gagak dengan menghadapkan mereka pada tiga pelatih yang sama seperti sebulan yang lalu. Hasilnya, 7 dari 9 gagak memilih pelatih mereka yang adil, dan hanya satu gagak saja yang memilih pelatih yang tak adil.

Penelitian ini dibuat oleh Jorg Massen dari Universitas Vienna. Menurut Jorg, gagak bisa jadi salah satu hewan yang tak bisa memberi maaf. Ditambahkan pula oleh Jorg, gagak bisa mengingat satu objek selama 2 tahun!

Jadi mesti hati-hati ya kalu kamu ketemu sama burung gagak. Bukan hanya sama burung gagak aja sih yang musti hati-hati, dengan hewan-hewan lainnya pun juga. Jangan menyakitinya, berbuatlah baik kepada mereka, karena mereka juga makhluk ciptaan Allah Ta'ala.
Burung Gagak Bisa Dendam Juga Ternyata, Ini Buktinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top