Monday, July 3, 2017

Empat Alasan Renang Merupakan Olahraga Terbaik

Renang merupakan olahraga air yang menyenangkan. Dulu ketika masih SD, aku pernah ikut kursus renang, harapannya sih agar masa pertumbuhanku bisa lebih baik. Namun setelah ikut kursus renang beberapa bulan, bukannya tumbuh ke atas, aku malah tumbuh ke samping, haha. Karena memang setelah renang itu rasanya capek dan sangat lapar, jadinya makanku kayak orang kesurupan, buanyaakkk banget!!
Kolam renang / gambar via shutterstock.com
Aku tidak menyesal atas kegagalanku memperbaiki masa pertumbuhan dengan berenang. Karena selain membantu memperbaiki masa pertumbuhan, olahraga renang juga merupakan olahraga sunnah dalam islam. Olahraga yang juga dipertandingkan dalam olimpiade ini juga dinobatkan sebagai olahraga terbaik. Tak heran jika renang mendapat penobatan sebagai olahraga terbaik, karena memang memiliki banyak manfaat sebagai berikut.

Alasan olahraga renang merupakan olahraga terbaik :

  1. Minim cedera

    Tak seperti jogging, sepak bola, basket atau olahraga lainnya yang menggunakan gerakan dan tekanan untuk mengembangkan kekuatan otot, berenang bisa menjadi latihan kardio yang dapat dikombinasikan dengan olahraga lain tanpa memberikan tekanan berlebih ke tulang, sendi dan otot.

    Itulah sebabnya renang merupakan olahraga yang sangat cocok untuk semua jenis usia dan tubuh manusia. Selain itu, berenang adalah salah satu cara terbaik untuk membuat semua bagian tubuh tetap aktif bekerja, sehingga bentuk tubuh pun terjaga dengan baik.
  2. Membawa lebih dekat ke alam

    Berenang memang bisa dilakukan dalam kolam indoor. Di perkotaan, kita bisa menemukan banyak tempat berenang indoor, mulai dari hotel, water boom, dan sebagainya. Namun jika kamu cukup beruntung untuk tinggal di dekat laut atau danau, berenang di sana akan jauh lebih nikmat dan baik untuk kesehatan.

    Berdasarkan sebuah penelitian, menghabiskan waktu di alam terbuka dapat memperbaiki kesehatan mental dan fisik manusia. Kegiatan di alam terbuka juga bisa mempertahankan berat badan manusia, selain itu juga bisa mengurangi stres dan meningkatkan mood.
  3. Meningkatkan kekuatan

    Berenang dapat meningkatkan kekuatan dan kemampuan kardio secara bersamaan. Meski renang merupakan latihan fisik berdampak rendah, namun olahraga ini bisa menghasilkan kekuatan yang besar. Ketika kamu berenang, kondisinya sama dengan kamu latihan aerobik.

    Renang bisa menciptakan daya tahan yang cukup. Bahkan jika dilakukan secara rutin, kekuatan tubuh akan terbangun dengan baik. Renang juga bagus untuk memperbaiki keseimbangan tubuh, kesehatan tulang, serta memperbaiki kualitas tidur.
  4. Membantu menjaga kesehatan paru-paru.

    Beberapa penelitian tentang olahraga ini menunjukkan bahwa perenang memiliki kapasitas paru-paru yang lebih besar. Hal ini berarti perenang memiliki paru-paru yang lebih baik daripada orang yang tak biasa berenang.

    Dengan paru-paru yang lebih baik dan sehat, pemrosesan oksigen oleh tubuh pun akan berjalan lebih baik. Sehingga kamu tidak akan mudah kelelahan atau kehabisan nafas. Selain itu, paru-paru dengan kapasitas lebih besar juga dapat membantu menangkal penyakit.

    Sebuah penelitian dari Selandia Baru pada tahun 2007 mengungkapkan, orang yang memiliki kapasitas paru-paru lebih kecil memiliki resiko terkena stroke dan serangan jantung lebih besar.

Itulah beberapa keunggulan dari olahraga renang sehingga dinobatkan sebagai salah satu olahraga terbaik. Sepertinya setelah ini aku akan kembali membiasakan renang, apakah kamu juga memikirkan hal yang sama?
Empat Alasan Renang Merupakan Olahraga Terbaik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top