Saturday, July 15, 2017

Empat Dosa Syirik Kecil yang Tanpa Sadar Sering Kita Lakukan

Manusia seringkali melakukan kesalahan, karena memang manusia tempatnya salah dan lupa. Berbagai kesalahan dilakukan, termasuk dosa-dosa yang terkadang tak dianggap sebagai dosa. Salah satu dosa yang sering diabaikan adalah dosa syirik kecil.

Syirik kecil berhubungan dengan amalan hati, sehingga dosa ini tak nampak jika dilihat secara langsung. Disadari atau tidak, sebagian besar manusia pernah melakukan dosa syirik kecil. Kita tak sadar jika hati ternyata pernah condong ke selain Allah SWT.
ilustrasi penyesalan dosa / gambar via gey4641.wordpress.com
Sebagaimana penjelasan Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, “(Menjadikan) ‘andaad’ [sekutu-sekutu] adalah berbuat syirik, (dosa) yang lebih samar daripada jejak semut yang merayap di atas batu hitam dalam kegalapan malam.”

Oleh sebab itu, kita harus sangat berhati-hati dengan niatan amalan hati. Jangan sampai terjebak dalam dosa syirik kecil. Adapun beberapa contoh dosa syirik kecil adalah sebagai berikut.

4 Contoh dosa syirik kecil :

  1. Riya' dalam ibadah

    Riya’ disebut juga pamer. Adalah tindakan memperlihatkan amalan ibadah yang dilakukan kepada orang lain dengan tujuan agar dipuji orang lain. Pelaku riya' akan malas-malasan beribadah bila tak ada orang lain yang memujinya. Tak hanya bermalas-malasan, bahkan bisa saja si pelaku riya' jadi tidak melaksanakan ibadah sama sekali. Dan sebaliknya, bila ada orang lain yang melihat, si pelaku riya' akan semangat dan rajin beribadah.
  2. Mengharap dunia saat beribadah

    Jangan hanya mengharap dunia ketika beribadah, niatkan juga untuk mencari ridho Allah Ta'ala. Malahan yang pertama harus dilakukan adalah berniat mencari ridho Allah Ta'ala dulu. Salah satu contoh hanya mengharap dunia adalah misalnya ketika kita rajin menuntut ilmu agama, namun niat kita bukan karena Allah Ta’ala, melainkan hanya karena ingin mendapatkan ijazahnya saja.

    Jadi, setiap ibadah apapun, niatkan karena Allah Ta'ala dulu, baru mengharapkan dunia. Karena ibadahnya kita tujukan kepada Allah Ta'ala, dan berharap hanya kepada Allah Ta’ala untuk mendapatkan kesuksesan dunia.
  3. Menganggap sesuatu sebagai penyebab kesialan

    Hal semacam ini dinamakan tathoyyur. Tathoyyur termasuk ke dalam contoh syirik kecil. Dosa ini terjadi manakala suatu benda atau seseorang dianggap membawa kesialan tertentu. Misalnya seperti pada masa jahiliyyah dulu, orang-orang akan melepaskan seekor burung sebelum mereka bepergian.

    Jika burung terbang ke kanan, maka dianggap sebagai pertanda baik. Namun jika burung terbang ke kiri, maka dianggap pertanda buruk dan orang-orang jahiliyyah tidak jadi bepergian.
  4. Bersumpah dengan nama selain Allah Ta'ala

    Dalam bersumpah tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Karena sumpah merupakan pengagungan pada nama yang digunakan untuk bersumpah.

    Oleh karenanya, barangsiapa melakukan sumpah dengan nama selain Allah Ta'ala, berarti dia telah berbuat kesyirikan. Karena dia sudah menjadikan sesuatu sebagai tandingan bagi Allah Ta'ala.

    Sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasullullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, ”Barangsiapa bersumpah dengan nama selain Allah, maka dia telah berbuat kekafiran dan berbuat syirik." (HR. Tardidzi no. 1535)

    Syirik yang dimaksud adalah syirik kecil, karena orang yang bersumpah dengan selain nama Allah Ta'ala, bisa saja tak berniat mengagungkan nama yang ia gunakan dalam sumpahnya. Tapi jika ia mengagungkan nama dalam sumpahnya secara berlebihan, bahkan hingga menyamai pengagungan terhadap Allah Ta'ala, maka orang tersebut bisa terjatuh ke dalam dosa syirik besar.
Itulah sedikit pembahasan mengenai dosa syirik kecil. Semoga kita senantiasa terhindar dari dosa-dosa tersebut. Dan semoga Allah Ta'ala mengampuni segala dosa kita terdahulu, baik yang disengaja maupun tidak. Aamiin.
Empat Dosa Syirik Kecil yang Tanpa Sadar Sering Kita Lakukan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top