Friday, July 14, 2017

Inilah Fungsi Lekukan di Bibir Atas Manusia yang Jarang Diketahui

Allah Ta'ala menciptakan anggota tubuh manusia dengan manfaat yang berbeda-beda. Sebagian anggota tubuh dapat kita ketahui dengan baik fungsinya. Misal kaki untuk berjalan, jari dan tangan untuk menggenggam, mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, mulut untuk berbicara, dan lain sebagainya.

Ngomongin tentang mulut, pernahkah terfikir olehmu mengenai fungsi lekukan di atas mulut kita? Lebih tepatnya di atas bibir atas. Dalam bahasa inggris, lekukan ini disebut Philtrum. Philtrum merupakan lekukan vertikal di bagian tengah bibir atas. Bagian tubuh ini mungkin jarang kamu perhatikan, padahal ada hal menarik tentang bagian tubuh ini.
Philtrum / gambar via wbur.org

Fungsi philtrum pada tubuh manusia

Philtrum membantu dalam mendefinisikan fitur wajah seseorang. Terlebih ketika membedakan anak kembar. Adanya lekukan ini akan sangat membantu. Semasa trisemester pertama kehamilan, wajah manusia berevolusi dan philtrum mulai terbentuk saat berlangsungnya perkembangan embrionik. Bila proses ini gagal, maka akan terbentuk bibir sumbing.

Selain memperindah wajah, fungsi philtrum bagi manusia juga mempercantik bentuk bibir. Sementara itu, bagi sebagian primata seperti lemur, philtrum berfungsi untuk menjaga hidung agar tetap basah dan membantu indera penciuman.

Wallahu a'lam
Inilah Fungsi Lekukan di Bibir Atas Manusia yang Jarang Diketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top