Sunday, July 16, 2017

Inilah Situasi Bandara Paling Sepi Di Dunia

Sebagaimana kita ketahui, bandara merupakan tempat pesawat terbang untuk mengangkut dan menurunkan penumpang pesawat. Sudah sewajarnya bandara menjadi tempat tersibuk di suatu kota bahkan negara. Ribuan hingga ratusan ribu orang biasa hilir mudik di bandara. Mereka memiliki tujuan masing-masing yang membuat bandara selalu sibuk sepanjang hari, tak peduli pagi, siang hingga malam. 

Namun apa jadinya jika sebuah bandara malah tidak disibukkan oleh kegiatan-kegiatan yang umum terjadi di bandara? Hal ini ternyata benar terjadi pada sebuah bandara di Sri Lanka. Adalah Bandara Mattala Rajapaksa. Meski bandara ini berkelas internasional, namun malah menjadi satu-satunya bandara yang jarang melakukan aktivitas penerbangan.
Bandara Mattala Rajapaksa / gambar via IG chethyavidanapathirana

Bandara internasional Mattala Rajapaksa /
Gambar via IG chethyavidanapathirana
Bandara Mattala Rajapaksa dibuka pada tahun 2013 dengan biaya pembangunan menghabiskan dana sebesar US$270 juta atau sama dengan Rp. 3,5 triliun. Bandara ini merupakan bandara terbesar kedua di Sri Lanka, sekaligus menjadi bandara tersepi sedunia.

Bandara yang memiliki arsitektur dengan harga ratusan juta dolar ini diharapkan mampu mendatangkan wisatawan ke Sri Lanka. Tapi kemudian pembangunan bandara ini menuai banyak kritik dan disebut sebagai suatu proyek yang sia-sia.

Bandara Mattala Rajapaksa ini hanya melayani 70 orang penumpang saja setiap harinya. Angka ini sangat jauh dari angka rata-rata penumpang di bandara internasional lainnya yang perharinya mencapai 250 ribuan.

Tidak ada yang salah dengan fasilitas di bandara ini. Sama dengan bandara internasional lain yang memiliki toko perbelanjaan, loket check-in, lounge untuk kelas bisnis, kafe, bahkan memiliki landasan pacu yang dapat melayani pesawat tipe A380. Bahkan disebutkan bahwa di bandara Mattala Rajapaksa ini hanya ada 1 maskapai yang beroperasi.
Inilah Situasi Bandara Paling Sepi Di Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top