Thursday, July 20, 2017

Jatuh Dari Langit, Benda Mirip Kendi Ini Gegerkan Warga

Luar angkasa selalu menarik untuk diteliti. Planet, matahari, bintang, bulan, asteroid dan berbagai macam benda langit lain selalu memunculkan keasyikan tersendiri ketika mempelajarinya. Benda-benda langit tersebut bergerak dengan periode tertentu di antariksa.

Namun apa jadinya jika ada benda misterius jatuh dari langit? Hal ini terjadi di Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Masyarakat di sana heboh dengan adanya benda misteruis berbentuk seperti kendi yang terjatuh dari langit di wilayahnya.
Benda mirip kendi yang jatuh dari langit / gambar via minangkabaunews.com
Benda misterius itu mengeluarkan asap dan bersuhu panas. Namun setelah satu jam, benda tersebut mulai dingin. Jatuhnya benda yang mirip kendi itu juga menimbulkan bunyi yang sangat kencang di sekitar lokasi. Bekas hitam dan retakan pun muncul di jalan yang menghubungkan Maninjau-Sungai Batang, sebagai akibat jatuhnya kendi itu.

Berdasarkan keterangan LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), benda itu merupakan tabung hydrazine roket Chang Zheng 3-A. Tabung ini digunakan sebagai bahan bakar roket milik China yang mengantarkan satelit navigasi Beidou M1 di bulan April 2007.

Lalu, kenapa roket yang diluncurkan pada tanggal 13 April 2007 itu baru jatuh sekarang, setelah 10 tahun? Hal ini karena Roket Chang Zheng 3-A mempunyai orbit lonjong dengan ketinggian 10.000 km. Saat tiba di orbit tujuan, benda tersebut mengorbit bumi, dan ketika benda tersebut telah sampai di ketinggian 10.000 km, gravitasi bumi tidak begitu kuat.

Namun, tidak semua benda yang ada di sekitar bumi dan mengorbit bumi akan langsung jatuh, ada beberapa faktor yang mempengaruhi benda tersebut akan jatuh ke bumi atau tidak.

Semakain lama benda itu mengorbit, maka ketinggian benda akan semakin rendah dari bumi. Ketika ketinggian sudah mencapai 120 km, objek tak lagi bisa melawan gravitasi bumi, dan akhirnya benda tersebut pun jatuh.

Itulah penjelasan kenapa roket Chang Zheng 3-A baru terjatuh setelah 10 tahun peluncuran.
Jatuh Dari Langit, Benda Mirip Kendi Ini Gegerkan Warga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top