Kumpulan Berita, Gambar, Video dan Info Unik Lucu Terbaru serta Kejadian aneh tapi nyata di Dunia

Wednesday, July 19, 2017

Minum Kopi Ternyata Malah Bikin Cepat Tidur, Ini Penjelasannya

Selama ini kopi selalu dikambinghitamkan sebagai salah satu penyebab seseorang mengalami sulit tidur. Memang benar sih, tapi secara teori, dengan meminum kopi, seharusnya kita malah bisa cepat tertidur. Nggak percaya? Begini penjelasannya.

Ketika kita meminum kopi, jumlah hormon adenosine di dalam tubuh mengalami penyusutan secara drastis. Sebagai gantinya, tubuh akan memproduksi hormon cortisol dan ephineprine. Hormon adenosine akan membuat kita lebih mudah tertidur, sedangkan hormon cortislo dan ephoneprine akan membuat kita semakin terjaga.
Kopi / gambar via pixabay
Namun efek tersebut hanya terjadi sementara. Efek kafein dari kopi akan memudar dalam 1-2 jam. Ketika efek kafein memudar, hormon adenosine beredar dalam jumlah yang lebih banyak dari sebelumnya. Nah, itulah yang membuat kita lebih mudah mengantuk setelah minum kopi.

Efek kafein juga membuat kita lebih sering ke kamar kecil (diuretic), sehingga tubuh pun jadi kekurangan cairan. Ketika tubuh kekurangan cairan, darah mengalir lebih lambat. Hal ini mengakibatkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh ikut melambat, terutama otak. Ketika hal itu terjadi, secara otomatis tubuh akan mengantuk.

Nah, itulah sebabnya kenapa kopi dapat memudahkanmu untuk tertidur. Berdasarkan pemaparan di atas, agar cepat tertidur, triknya adalah dengan meminum kopi antara 1-2 jam sebelum tidur. Jika kamu mengikuti cara kerja kafein di atas, kamu akan paham bahwa setelah rentang waktu itu, kamu akan mengalami kantuk yang lebih dari biasanya. Selamat mencoba :)
 
Atas