Friday, July 28, 2017

Misteri Penunggu Sumur yang Dipecahkan Dua Bersaudara

Memiliki saudara adalah sebuah anugerah tak terkira dari Allah Ta'ala. Dengan saudara kita tak lagi kesepian, bisa saling berbagi, bermain dan hal-hal positif lainnya yang bisa dilakukan berdua. Bahkan jika tak memiliki saudara, ada juga yang mengangkat orang lain menjadi saudaranya.

Betapa penting dan berharganya sebuah persaudaraan. Saudara adalah orang yang paling dekat dengan kita. Terkadang curhat dengan saudara lebih nyaman dibandingkan dengan teman atau bahkan dengan orang tua sendiri. Saking dekatnya dengan saudara, hingga ia betul-betul tahu sifat dan karakter kita.

Ngomongin tentang persaudaraan, berikut ini ada kisah tentang dua bersaudara, dimana dengan kerjasamanya yang sangat bagus, sehingga mereka mampu memecahkan misteri penunggu sumur.

Misteri penunggu sumur di desa

Pada sebuah desa, ada sebuah sumur yang terkenal angker. Sumur tersebut dianggap angker karena setiap penduduk desa ingin mengambil air di sana, selalu saja tali sumurnya ditarik oleh sesuatu. Bahkan ada beberapa ember yang terlepas di sana, karena tali simpulnya ada yang membuka di dalam sumur.
Ilustrasi sumur tua / Gambar via nearsay.com
Keanehan yang terjadi pada sumur itu, membuat penduduk desa berkesimpulan bahwa sumur yang menjadi andalan mereka untuk mendapatkan air tersebut dihuni oleh sesosok makhluk halus jahat yang suka mengganggu.

Karena air merupakan kebutuhan penting para penduduk, tetua desa pun mengajak masyarakatnya untuk berkumpul dan memusyawarahkan perihal sumur misterius di desa mereka.

Hasil musyawarah memutuskan bahwa harus ada orang yang masuk ke dalam sumur untuk mencari tahu mengenai misteri yang terjadi di dalamnya. Dari semua yang hadir, tak ada yang berani masuk ke dalam sumur kecuali seorang pemuda.

Namun pemuda itu memberikan sebuah syarat. Dia bersedia masuk ke dalam sumur, dengan syarat saudara kandungnya harus ikut memegang tali ketika si pemuda turun ke bawah.


Karena rumah saudara si pemuda cukup jauh dari desanya, membuat orang-orang bertanya. "Kenapa saudaranya yang jauh itu harus diikutkan memegang tali? Bukankah di desa ini juga banyak pemuda yang tegap dan kuat, jika hanya memegangi tali?"

Si pemuda tak menjawab, dan para warga pun akhirnya tetap menjemput saudara si pemuda meski rumahnya jauh.

Misteri terpecahkan

Akhirnya, hari yang dinanti tiba. Pagi itu, tubuh si pemuda diikat dengan tali. Kemudian ia turun ke dalam sumur. Banyak warga beramai-ramai memegang tali, termasuk saudara si pemuda. Dengan perlahan, mereka menurunkan tubuh si pemuda hingga masuk ke dasar sumur. Masyarakat yang menunggunya di atas pun harap-harap cemas.

Setelah sampai dasar sumur, di atasnya terlihat sebongkah batu. Di atas batu tersebut si pemuda menemukan seekor monyet. Ternyata inilah sumber kemisteriusan sumur selama ini. Kemudian si pemuda membawa monyet tersebut bersamanya dan meminta warga untuk menarik talinya ke atas.

Masyarakat yang di atas sumur, dengan cekatan merespon permintaan pemuda untuk menarik tali pengikat tubuh si pemuda. Belum sampai di permukaan, monyet yang begitu senangnya melihat cahaya matahari pun memanjat tali dan melompat dari sumur.

Masyarakat yang ada di permukaan pun kaget dan takut! Mereka berlarian dan melepas tali si pemuda. Para masyarakat mengira jin sudah merubah si pemuda menjadi seekor monyet. Semua berlarian dan tak lagi peduli dengan tali yang mengikat si pemuda, kecuali saudara kandung si pemuda.

Sang saudara kandung masih tetap bertahan memegang tali, dan bersusah payah menarik saudaranya seorang diri. Itulah alasan kenapa si pemuda tetap menginginkan saudara kandungnya untuk ikut memegang tali meski rumahnya jauh. Karena kalau tidak, si pemuda pasti sudah tewas karena tali yang terlepas dari pegangan orang-orang.

Dari sini kita belajar bahwa sebuah persaudaraan yang terjalin dengan sangat baik, akan selalu memberi kebaikan pula, memberi manfaat positif. Maka dari itu, jalinlah persaudaraan dengan baik. Kalau dulu ada salah, beranilah untuk meminta maaf terlebih dulu.

Bagaimanapun juga, hidup damai tanpa ada penyakit hati, apalagi terhadap saudara sendiri, akan jauh lebih nikmat. Hidup akan nyaman, tentram dan InsyaAllah selalu sehat.
Misteri Penunggu Sumur yang Dipecahkan Dua Bersaudara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top