Sunday, July 16, 2017

Pria Ini Nekat Berjalan Di atas Lahar Panas Gunung Berapi

Tentu kita pernah tersulut api, entah itu ketika menyalakan lilin, memasak atau hal lainnya. Terkena sulutan api yang tidak terlalu besar itu pasti sudah berasa sangat panas bukan? Apalagi terkena lahar. Baru-baru ini netizen heboh dengan adanya pria yang sanggup berjalan di atas lahar panas di Gunung Etna, Sisilia, Provinsi Catania, Italia.

Menurut para ahli geoscience, mereka benar-benar yakin jika pria tersebut memang berjalan di atas lahar. Para ahli melihat aksi sang pria dalam sebuah video berdurasi 40 detik. Tampak seorang pria berjalan di atas lahar tanpa merasakan panas sama sekali. Untuk memperkuat keaslian video tersebut, nampak terlihat sedikit api kecil pada sepatu si pria saat langkah terakhirnya.
Pria berjalan di atas lahar dengan percikan api /
gambar via Youtube
Marc -Volcano- Szeglat
Menurut Erik Klementi, seorang ilmuwan geoscience, menjelaskan bahwa ketika lahar panas mendidih di udara dingin, maka akan terbentuk kerak yang memungkinkan manusia berjalan di atasnya. Biarpun lahar tersebut terlihat mengalir seperti sungai, namun lebih kental dari air. Dengan kata lain, kerak tersebut mampu menahan tekanan yang tidak terlalu berat.

Ditambahkan pula Oleh Erik, aksi pria tersebut memang luar biasa. Namun perlu diketahui bahwa pada aliran lahar tersebut terdapat kerak yang bisa menjadi pijakan si pria dalam melalui lahar panas.

Demikianlah, kehebohan yang terjadi di dunia maya bisa dijelaskan secara ilmiah. Mungkin awalnya kita akan merasa Wow! Tapi setelah tahu yang sebenarnya dan ternyata logis, jadi biasa aja kan? Nah, mau nyoba jalan di atas lahar juga? :D
Pria Ini Nekat Berjalan Di atas Lahar Panas Gunung Berapi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top