Monday, July 3, 2017

Salah Satu Tanda Kiamat, Pasar-pasar Saling Berdekatan

Kita sekarang hidup sudah berada pada akhir zaman, dimana kiamat sudah semakin dekat. Sebagai umat islam kita wajib mempercayai tentang datangnya hari kiamat, hari kehancuran dunia dan seluruh isinya. Sejak zaman Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassalam, beliau sudah mewanti-wanti tentang datangnya hari kiamat. Namun tak ada seorang pun tahu. Allah Ta'ala merahasiakan datangnya hari kiamat. Nabi Muhammad  Shalallahu 'Alaihi Wassalam sebagai utusan Allah pun tidak mengetahuinya. 

Namun Allah Ta'ala memberikan tanda-tanda datangnya hari kiamat melalui Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam. Salah satunya adalah adanya pasar-pasar yang saling berdekatan seperti sekarang ini.

Kondisi zaman kita sekarang ini sudah pernah diwartakan oleh Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassalam, dimana jarak menjadi saling berdekatan, sehingga perjalanan dari satu pasar ke pasar lain menjadi mudah. Bahkan hanya dalam waktu singkat, seseorang sudah bisa berkeliling ke pasar-pasar di dunia, mengetahui pergerakan harga dari berbagai komoditas. Hal itu semua bisa terjadi karena penduduk bumi tak lagi terhalang oleh jarak. 
Pasar / gambar via abcnewspapers.com
Perkembangan teknologi, informasi dan transportasi yang begitu pesat adalah faktor yang membuat jarak tak lagi berarti di kehidupan sekarang ini. Mulai dari adanya smartphone, radio, tv, internet, mobil hingga pesawat terbang, semuanya menjadi fasilitas yang memudahkan seseorang untuk melakukan mobilisasi secara cepat. 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alahi wasallam bersabda,
لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَظْهَرَ الْفِتَنُ وَيَكْثُرَ الْكَذِبُ وَيَتَقَارَبَ الْأَسْوَاقُ

“Kiamat tidak akan terjadi hingga muncul fitnah-fitnah dan kedustaan, dan pasar-pasar semakin saling berdekatan“. (HR. Ahmad)

Berdekatnya pasar-pasar ini dilihat dari 3 faktor :

  1. Informasi tentang naik turunya harga yang dapat diketahui dengan cepat
  2. Perjalanan dari satu pasar ke pasar lain yang dapat ditempuh dengan waktu singkat, meski jaraknya saling berjauhan.
  3. Perbedaan harga komoditas perdagangan antara pasar satu dengan pasar lainnya yang tidak terlalu jauh, dan pergerakan harga tersebut saling mengikuti satu sama lain.
Syaikh Abdul Aziz bin Baz menafsirkan maksud kalimat “Pasar-pasar saling berdekatan” dalam hadits Abu Hurairah dengan menyatakan, bahwa penjelasan yang paling mendekati pengertian hadits tersebut adalah realitas kehidupan kita saat ini, dimana semakin dekatnya waktu tempuh antar wilayah dan kota, sebab adanya inovasi di bidang teknologi komunikasi maupun transportasi.

Wallahu a’lam bish-shawabi
Salah Satu Tanda Kiamat, Pasar-pasar Saling Berdekatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top