Thursday, August 3, 2017

Penting! Inilah Tips Mendidik Anak Berdasarkan Usia

Salah satu keinginan sekaligus tantangan dalam hidup adalah dengan menjadi orang tua. Mendidik anak bukanlah hal yang mudah, tapi jika dilakukan dengan benar tentu akan baik hasilnya.

Anak yang nakal bisa menjadi indikator orang tua salah dalam mendidiknya. Dalam mendidik anak, perlu diperhatikan usia anak. Usia ini bisa disebut usia emas anak, karena jika tepat mendidik di usia tersebut, anak akan tumbuh dengan baik.
Mendidik anak berdasarkan usia / Gambar via newsletter.advantagespeech.com
Inilah tips mendidik anak berdasarkan usia:
  1. Usia 0 - 7 Tahun, Perlakukan Anak seperti Raja

    Memperlakukan anak seperti raja bukan bermaksud memanjakan anak dan memenuhi setiap keinginan anak, tetap memenuhi apa yang menjadi kebutuhan anak baik jasmani maupun rohani.

    Kebutuhan jasmani seperti memberinya makanan yang sehat dan bergizi, tempat tinggal dan pakaian yang layak, serta pendidikan yang baik. Kebutuhan rohani seperti kasih sayang, perhatian, pujian, dan menjadi pendengar yang baik bagi anak.

    Orang tua juga harus dapat mengontrol emosi untuk tidak menunjukkan perilaku negatif pada anak, misalnya membentak, berkata kasar, memukul, dan kekerasan fisik lainnya. Jika hal itu terjadi, dapat menyebabkan milyaran sel otak anak terbunuh saat itu juga yang nantinya dapat menyebabkan trauma mendalam pada diri anak.
  2. Usia 7 - 14 Tahun, Perlakukan Anak seperti Tentara

    Di usia ini, anak mulai bersosialisasi dan mengenal lingkungannya. Ajarkan anak tentang kedisiplinan, kebersihan, cara menghormati dan menghargai orang lain, serta yang terpenting adalah ajarkan anak untuk mengenal Tuhan dan cara beribadah yang benar. Di usia ini, orang tua menjadi role model yang harus memberikan contoh baik bagi anaknya.
  3. Usia 14 - 21 Tahun, Perlakukan Anak seperti Sahabat

    Di usia ini, anak memasuki masa remaja, dimana setiap anak pasti merasa ingin lebih bebas dari sebelumnya. Mereka tidak suka diperlakukan seperti anak - anak lagi. Oleh karena itu, orang tua juga harus dapat bertindak sebagai sahabat bagi anak.

    Dengarkan setiap curahan hati anak, berilah nasehat yang sesuai dengan usianya. Jika mereka melakukan kesalahan, hukum mereka dan jangan sampai melukai fisik dan kejiwaannya, misalnya hukuman untuk tidak menonton TV, hukuman untuk tidak bermain game, dan hukuman lain.
Itulah tips mendidik anak berdasarkan usianya.
Penting! Inilah Tips Mendidik Anak Berdasarkan Usia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top