Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Monday, September 11, 2017

Astagfirullah, Dosa ini akan Terus Mengalir Meski Pelaku telah Meninggal Dunia!

Ketika hidup di dunia, manusia bisa melakukan berbagai hal baik itu amalan baik maupun buruk. Saat manusia meninggal, manusia tidak dapat lagi melakukan berbagai amalan, baik maupun buruk.

Seperti yang sudah kita ketahui, amalan baik yang dilakukan semasa hidup dapat menolong orang tersebut di akhirat. Begitu juga dengan amalan buruk yang dilakukan di dunia, meskipun orang tersebut sudah meninggal dunia tetap saja dosanya akan terus mengalir. Dosa apakah itu?
Ilustrasi / Gambar via rcdesign.me
Inilah dosa yang akan terus mengalir meski pelaku telah meninggal dunia:
  1. Mempelopori Kejahatan dan Kemaksiatan

    Orang yang melakukan kejahatan dan kemaksiatan akan mendapatkan dosa, begitu pula orang yang mempeloporinya. Justru ia akan mendapatkan dosa lebih banyak lagi ketika orang yang ia pelopori melakukan kejahatan dan kemaksiatan, dan begitu seterusnya.

    Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Barangsiapa membuat sunnah sayyi'ah (kebiasaan buruk) dalam Islam, maka baginya dosa dan (ditambah dengan) dosa orang - orang yang mengamalkannya setelahnya, tanpa mengurangi dosa-dosa mereka sedikitpun." (HR. Muslim)
  2. Mengajak pada Kesesatan

    Sama seperti mempelopori kejahatan, orang yang mengajak kesesatan juga akan berdosa dan ia mendapatkan dosa dari orang yang melakukan kesesatan atas ajakannya.

    Dalam hadist disebutkan, "Barangsiapa mengajak (manusia) kepada kesesatan maka ia mendapatkan dosa seperti dosa-dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun." (HR. Muslim)
  3. Memfasilitasi Kemaksiatan

    Ketika seseorang memberikan fasilitas kemaksiatan bagi orang lain, maka orang tersebut akan mendapatkan dosa meski sudah meninggal selama fasilitas itu masih digunakan.
Daripada hidup melakukan tiga dosa yang terus mengalir hingga meninggal dunia, alangkah lebih baiknya kita melakukan amalan yang pahalanya terus mengalir meski sudah meninggal dunia.

close