Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Sunday, September 3, 2017

Cara Mendeteksi Seseorang Depresi atau tidak Melalui Foto di Instagram

Sebagian besar pengguna smart phone saat ini memiliki Instagram. Instagram merupakan salah satu media sosial dimana penggunanya dapat membagikan foto dan video, bahkan saat ini bisa untuk melakukan live video.

Tapi ternyata, tahukah kamu bahwa foto  foto di Instagram dapat menunjukkan seseorang sedang depresi atau tidak. Ingin tahu caranya?
Ilustrasi depresi / Gambar via newatlas.com

Inilah cara mendeteksi seseorang depresi atau tidak melalui foto di Instagram

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal EPJ Data Science menunjukkan bahwa foto yang ada di akun Instagram bisa menandakan seseorang terkena depresi.

Prof. Christopher Danforth, salah satu penulis penelitian dari Universitas of Vermont ini menyebutkan bahwa para peneliti mengecek foto dari 160 orang relawan.

Sebelumnya, para relawan ini telah memberitahukan kondisi kesehatan kejiwaannya pada para peneliti dan diminta untuk menjawab pertanyaa kuesioner yang sudah dirancang khusus. Pertanyaan ini dapat mendeteksi apakah seseorang terkena depresi atau tidak.

Hasilnya cukup mengejutkan, setengah dari para relawan mengaku mengalami tekanan jiwa yang berlebihan setidaknya dalam waktu tiga tahun terakhir.

Dari seluruh relawan, peneliti mengecek sebanyak kurang lebih 44.000 foto yang ada di akun Instagram mereka. Pengecekan menggunakan kecerdasan buatan melalui komputer.

Hasilnya, mereka yang depresi cenderung memiliki foto dengan warna yang lebih biru, abu - abu, dan gelap, daripada mereka yang memiliki kondisi kejiwaan yang sehat. Mereka yang mengalami masalah kejiwaan juga cenderung jarang memakai filter. Kalaupun memakai filter, maka filter yang digunakan adalah filter hitam putih.

Sebaliknya, mereka yang memiliki kondisi kejiwaan sehat lebih senang memakai filter seperti Valencia yang lebih cerah. Tak hanya itu, mereka yang memiliki kondisi kejiwaan buruk lebih sedikit memiliki foto dengan objek manusia.

Kamu bisa mencoba mendeteksi foto Instagram mu sendiri, tapi jika kamu bukan ahli di bidangnya, jangan langsung men-judge orang lain ya!

close