Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Thursday, September 14, 2017

Membuat Kue Berbentuk Makhluk Bernyawa? Ini Akibatnya!

Membuat makanan dapat menjadi aktivitas yang sangat digemari, terutama oleh kaum perempuan. Pasalnya, beberapa makanan terutama kue dapat dibuat berbagai bentuk yang unik dan lucu.

Berbicara mengenai bentuk pada makanan, sering kita melihat kue yang berbentuk makhluk hidup bernyawa, baik itu hewan, tumbuhan, bahkan orang. Meskipun lucu dan atau mendatangkan untung besar ketika dijual, tapi apakah hal ini benar menurut syariat Islam?
Jangan membuat kue berbentuk makhluk bernyawa / Gambar via foodnetwork.co.uk

Membuat Kue dengan Bentuk Makhluk Bernyawa dalam Islam

Berdasarkan keumuman hadits yang menunjukkan akan haramnya tashwir (menggambar makhluk bernyawa), kita tidak diperbolehkan membentuk permen atau kue dan yang lainnya dengan bentuk makhluk bernyawa.

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Setiap pembuat gambar tempatnya di neraka. Kelak Allah Ta'ala akan membuatkan untuknya gambar yang pernah ia buat (semasa di dunia) lalu gambar itu menyiksa dirinya di neraka Jahannam." (HR. Muslim No. 2110)

Ad Dardir berkata, "Diharamkan membuat gambar (3 dimensi) hewan-hewan yang berakal ataupun tidak dengan catatan dilengkapi anggota tubuh yang sempurna dan terbuat dari bahan permanen menurut ijma' ulama. Adapun gambar yang terbuat dari bahan yang tidak permanen, menurut pendapat yang terkuat juga termasuk dalam larangan seperti gambar 3D yang terbuat dari kue ataupun kulit semangka." (Asysyarhul Kabiir 2/337-338)

Jadi sudah dapat dipastikan bahwa membuat gambar makhluk bernyawa, membentuknya dalam bentuk kue, patung atau semacamnya diharamkan dan dilarang untuk diperjual belikan. Wallahu A'lam.

close