Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Saturday, September 30, 2017

Tips dari Ibu Rumah Tanggal Jepang yang Bikin Rumahmu Makin Keren!

Ketika sudah berumah tangga, ada saja barang-barang yang diinginkan untuk dibeli. Padahal, barang-barang tersebut seharusnya tidak perlu dibeli. Tanpa sadar, barang-barang tersebut menumpuk di rumah karena tidak terpakai dan malah membuat rumah terlihat sumpek.

Sekarang banyak sekali rumah yang menawarkan desain minimalis elegan. Minimalis disini dimaksudkan agar rumah tidak terlihat terlalu banyak barang dan lebih eye catching.
Sofa yang bersebelahan dengan meja belajar / Gambar via toutiaoabc.com
Di Jepang, istilah ini disebut dengan danshari. Danshari adalah istilah yang terdiri dari 3 kanji yang berarti menolak membawa barang yang tidak dibutuhkan, membuang semua yang membuat berantakan, serta memisahkan keinginan untuk hal material.

Dalam melaksanakan danshari, terdapat dua hal yang harus dilakukan. Yang pertama adalah konsumsi yang rasional, dan yang kedua adalah belajar menyimpan untuk menciptakan suasana yang minimalis.

Seorang ibu rumah tanggal bernama Moriyama Masami memiliki aturan rumah tangga dalam penyimpanan barang di rumah. Pertama adalah jumlah barang yang disimpan, jika tidak perlu ditambah maka jangan ditambah.

Yang kedua adalah tempat barang yang diletakkan harus sesuai, tidak boleh sembarang taruh. Dan yang ketiga adalah pemanfaatan ruang yang efisien.
Ruangannya terlihat luas / Gambar via toutiaoabc.com
Di rumah, Moriyama menerapkan hal tersebut. Rumahnya berdinding putih dan berlantai kayu. Tak tampak banyak barang di ruang tamunya sehingga ruangan tampak lebih bersih dan luas. Selain itu, sinar matahari dapat masuk dengan bebas sehingga cahaya di dalam ruangan tidak pernah kurang.
Minimalis adalah konsep hidup Moriyama. Ia menganggap bahwa hidup sederhana bisa membuat orang lebih nyaman untuk tinggal. Lihat saja, di ruang tamunya hanya ada sofa, meja, lampu lantai, dan sebuah TV.

Di sebelah sofa terdapat ruangan kecil yang digunakan untuk anak-anaknya belajar. Jendela pun ada di dapur, ukurannya cukup besar sehingga cahaya matahari dapat menerobos ke dapur melalui jendela tersebut.

Meski kamarnya berukuran cukup besar, namun lemari yang digunakan berukuran biasa saja. Hal ini agar kamar tampak lebih rapi dan bersih. Tirai yang ada di kamar pun dipilih warna putih agar suasana tidak tegang. Selain itu, tidak ada hiasan di kamar meskipun di kamar anak.

Siasat Moriyama agar mainan anak-anaknya tertata rapi adalah menggunakan kotak-kotak untuk mengkategorikan mainan tersebut. Ia mengajari anak-anaknya untuk merapikan mainan ke dalam kotak setelah selesai menggunakannya.
Keadaan dapur yang sangat rapi / Gambar via read01.com
Di dapur, Moriyama memanfaatkan laci dan rak untuk meletakkan peralatan dapurnya. Laci susun adalah tempat andalannya, hal ini agar peralatan masak terlihat lebih rapi.
Kamar terlihat minimalis / Gambar via k.sina.cn
Ia memanfaatkan ruang-ruang yang ada di rumahnya, seperti dua lorong rumahnya terdapat dua ruangan, dimana satu ruangan untuk menaruh barang-barang di luar rumah dan ruangan yang satunya untuk lemari baju.

Moriyama benar-benar ibu yang rapi dan pandai dalam menempatkan barang. Konsep minimalis ini membuatnya memanfaatkan ruangan-ruangan yang ada di dalam rumahnya. Kuncinya adalah, ia menggunakan kotak dan mengkategorikan setiap benda agar rapi dan mudah ketika menggunakan.

Tips dari Moriyama ini bisa dicontoh untuk membuat rumah tampak lebih rapi dan bersih, sehingga suasana rumah menjadi nyaman.

close