Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Friday, November 17, 2017

Apakah Masker 100% Melindungimu dari Polusi?

Di Indonesia termasuk negara dimana setiap orang mudah memiliki kendaraan bermotor. Banyaknya tawaran harga murah dan potongan harga pembelian kendaraan bermotor menjadikan hampir setiap rumah memiliki kendaraan bermotor. Hal inilah yang menyebabkan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia makin meningkat.

Meningkatnya kepemilikan kendaraan bermotor tak hanya membuat jalanan semakin macet, tapi juga polusi yang semakin tinggi. Meningkatnya polusi juga menyebabkan tingginya penderita penyakit yang disebabkan oleh polusi.
Masker seperti ini kurang efektif melindungi diri dari polusi / Gambar via pixabay.com
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Indonesia, dari semua pasien di rumah sakit Jakarta, sekitar 1,2 juta atau 12,6% diantaranya adalah penderita asma atau bronkitis. Sementara 2,4 juta atau 25,5% adalah penderita ISPA. Jumlah yang tidak sedikit, bukan?

Untuk menghindarinya, kebanyakan dari kita menggunakan masker yang biasa kita beli di apotek atau di supermarket. Dengan bahan tipis dan sekali pakai. Masker seperti ini disebut dengan surgical mask atau disposable mask. Biasanya digunakan untuk dokter yang melakukan operasi di rumah sakit.

Memang masker ini melindungi bahaya dari luar maupun dari dalam, misalnya bersin atau batuk. Sayangnya, masker ini tidak mampu memfilter partikel kecil yang terkandung dalam polusi udara, terutama Particulate Matter (PM) 2,5.

Lalu, Masker seperti Apa yang Baik Digunakan?

Perlu diketahui bahwa polusi udara yang kita hirup terdapat partikel kecil berbahaya. Partikel ini berukuran 2,5 micrometer! Jika partikel ini terhirup, maka akan mengendap di paru-paru kita yang akhirnya menjadi penyebab penyakit saluran pernafasan tersebut.
Masker polusi yang baik / Gambar via pixabay.com
Oleh karena itu, masker yang harus kita pakai bukanlah masker surgical mask, melainkan masker jenis N-95 dan N-99, yang dapat memfilter partikel kecil tersebut. Tipe N-95% diyakini dapat memfilter 95% udara, sementara N-99 dapat memfilter 99% polusi udara.

Masker ini ada dua macam, yaitu yang sekali pakai dan yang bisa dicuci. Sayangnya, masker seperti ini harganya mahal, jadi lebih baik beli yang bisa dicuci agar bisa dipakai berkali-kali.

Ingin hidup lebih sehat? Yuk gunakan masker yang sesuai!

close