Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Saturday, November 4, 2017

Hebat! Teknologi ini Membuat Kita Bisa Beternak Ikan di Gurun loh!

Pertumbuhan penduduk di dunia berbanding terbalik dengan pertumbuhan pangan dunia. Ketika penduduk semakin meningkat, maka pangan untuk penduduk semakin berkurang. Sudah sewajarnya karena setiap manusia membutuhkan makanan untuk hidup.

Salah satu bahan pangan yang menjadi konsumsi hampir seluruh warga dunia adalah ikan. Bahkan di suatu negara, ikan dijadikan sebagai sumber protein utama.

Menanggapi masalah ini, sebuah negara telah mengembangkan teknologi yang memungkinkan kita beternak ikan di semua tempat, bahkan di gurun! Teknologi seperti apa itu?
GFA (Grow Fish Everywhere) Advanced System / Gambar via onaeg.com

Teknologi yang Memungkinkan Kita Beternak Ikan di Gurun yang Panas

Tempat hidup ikan adalah di air, seluruh hidup ikan berada di air. Tapi ternyata, negara Israel telah menemukan GFA (Grow Fish Anywhere) Advanced Systems yang memungkinkan manusia untuk tetap mengkonsumsi ikan tanpa harus menguras populasi ikan di perairan.

Sudah banyak masyarakat dunia yang membudidayakan ikan secara konvensional. Mereka biasa membudidayakan ikan di dekat sumber air, misalnya di tepi pantai atau sumber air alami lainnya. Sayangnya, budidaya ikan seperti ini justru merusak lingkungan karena membuang limbah ke laut.

Apalagi tidak semua orang peduli terhadap lingkungan. Padahal, ikan hasil budidaya konvensional dan ikan laut yang liar lebih baik ikan liar. Contohnya saja salmon, dimana ketika ia liar di laut racunnya lebih sedikit dibanding salmon yang dibudidaya.

GFA (Grow Fish Anywhere) Advanced Systems buatan peneliti Israel ini dapat mengatasi masalah ikan tersebut. Bahkan, kemampuannya sangat handal dan tahan banting. Dapat diterapkan di lingkungan manapun, sekalipun itu gurun!

Sang penemu GFA (Grow Fish Anywhere) Advanced Systems, Yossi Tal (ilmuwan Israel) dan Jaap van Rijn (Profesor Hebrew University), mengatakan bahwa GFA tidak memerlukan penggantian air kolam berkali-kali dan bebas bahan kimia. Hal ini berarti ikan yang dibudidayakan dengan GFA lebih aman dikonsumsi manusia.

Sistem tersebut disebut dengan GFA sebagai zero-discharge system. Dotan Bar Noy, CEO dari GFA (Grow Fish Anywhere) Advanced Systems, mengatakan bahwa sistem tersebut dilakukan dengan mengembangkan mikroorganisme tertentu untuk merawat air yang akan menjadi rumah bagi ikan.

Mikroorganisme ini menetralkan limbah, ikan, serta nitrogen sehingga air tidak perlu diganti berkali-kali.

Kelebihan lainnya adalah, mikroorganisme ini sangat mudah diproduksi dan biayanya pun murah. Oleh karena itu, GFA (Grow Fish Anywhere) Advanced Systems dapat menjadi alternatif yang sangat baik untuk pengembangan ikan.

Tertarik mencoba?

close