Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Sunday, November 19, 2017

MasyaAllah! Ternyata ada Rahasia Dibalik Angka 7 dan Keistimewaan Surat Al Fatihah!

Dalam sholat, setelah membaca do'a Iftitah atau setelah takbiratul ikram, kita diwajibkan membaca Al Fatihah. Dalam hal lain juga seringkali kita diwajibkan membaca Al Fatihah.

Surat pertama dalam Al Qur'an ini memiliki tujuh ayat. Surat Al Fatihah merupakan surat yang turun di kota Makkah, maka ia disebut sebagai surat Makkiyah. Ada berbagai macam penyebutan surat Al Fatihah, diantaranya Fatihatul Kitab, Ummul Kitab, Sab'ul Masani, Al Qur'anul Adzim, Al Hamd, As Shalah, Ar Ruqyah, Asasul Quran, Al Waqiyah, Al Kafiyah, serta Al Kanz.

Ibnu Abbas mengatakan bahwa pondasi surat Al Fatihah ada pada kalimat bismillahir rahmanir rahim. Lalu, apa yang membuat Al Fatihah begitu istimewa dibandingkan surat yang lainnya?
Al Fatihah / Gambar via pixabay.com
Inilah Rahasia Dibalik Angka 7 dan Keistimewaan dari Surat Al Fatihah!
  1. Al Fatihah adalah Surat Paling Istimewa

    Al Fatihah dikatakan sebagai surat yang paling istimewa. Hal ini dibuktikan dengan Hadist Riwayat At Tirmidzi No. 2800, Dari sahabat Ubay bin Ka'ab Radhiyallahu 'Anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam berkata kepadanya, "Maukah engkau aku beritahukan sebuah surat yang tidak ada dalam kitab Taurat, Injil, Zabur, dan demikian pula tidak ada dalam Al Furqan (Al Qur'an) surat yang semisalnya? Kemudian Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam memberitakan surat itu adalah Al Fatihah."
  2. Al Fatihah adalah Obat

    Dengan izin Allah Ta'ala, Al Fatihah bisa menjadi obat atau penyembuh. Al Imam Al Bukhari meriwayatkan dari sahabat Abu Sa'id Al Khudri Radhiyallahu 'Anhu tentang kisah seorang kepala kampung yang tersengat kalajengking.

    Kemudian, beberapa sahabat Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam meruqyah kepala kampung tersebut dengan bacaan Al Fatihah. Kemudian, dengan izin Allah Ta'ala memberikan kesembuhan bagi kepala kampung tersebut.
  3. Al Fatihah adalah Surat yang Paling Agung

    Al Imam Al Bukhari meriwayatkan dari sahabat Abu Sa'id Al Mu'alla, bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Sungguh aku akan ajarkan kepadamu surat yang paling agung dalam Al Qur'an sebelum engkau keluar dari masjid?

    Lalu Rasulullah Shallallahu 'Alaih wa Sallam memegang tanganku. Disaat beliau hendak keluar dari masjid, aku bertanya: "Ya Rasulullah! Bukankah engkau akan mengajariku tentang surat yang paling agung dalam Al Qur'an? Maka Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam berkata: Ya (yaitu surat) alhamdulillahirabbil 'alamin, ai adalah As Sab'u Al Matsani dan Al Qur'anul 'Azhim (Al Qur'an yang Agung) yang diwahyukan kepadaku.
    " (HR. Al Bukhari No. 4474)
Bagaimana Istimewanya Angka 7 dalam Al Fatihah?

Al Fatihah disebut juga sebagai As Sab'ul Matsani (7 yang berulang-ulang). Al Fatihah, tersusun atas 7 huruf hijaiyah, yaitu alif, lam, fa, alif, ta, ha, dan ta marbuta.

Selain itu, jumlah ayat dalam Al Fatihah juga ada 7, yang mana seperti pada:
  1. Jumlah langit ada tujuh.
  2. Jumlah bumi ada tujuh.
  3. Jumlah hari dalam seminggu ada tujuh.
  4. Jumlah thawaf ada tujuh kali.
  5. Sa'i antara bukit Shafa dan Marwa tujuh kali.
  6. Melempar jumrah sebanyak tujuh kali.
  7. Ketika bersujud, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam memerintahkan kita untuk menempelkan tujuh anggota tubuh.
  8. Jumlah pintu jahannam ada tujuh, dan kata jahannam pada Al Qur'an sebanyak 77 kali (7 x 11 = 77). 
  9. Ada tujuh huruf yang tidak terdapat dalam Surat Al Fatihah, dimana huruf tersebut bagian dari huruf mu'jamah.
Dilihat dari sisi matematika, jika kita hitung huruf lam, alif, dan mim, dalam surat Al Fatihah 22 huruf alif, 22 huruf lam, dan 15 huruf mim. Jika kita gandengkan jumlah huruf tersebut, maka akan muncul bilangan 222215, 152222, dan 221522. Meskipun dibolak-balik, semuanya merupakan kelipatan 7 (222215=7x31745; 152222=7x21746; 221522=7x31646).

Jumlah total huruf hijaiyah dalam Al Fatihah ada 21 huruf (21=7x3). Jumlah huruf yang terputus yaitu alif, lam, mim, nun, ha, kaf, sin, ya, shad, ra, qaf, ha', tha ada 14 (14=7x2). Dan huruf alif, lam, dan ha dalam Surat Al Fatihah ada 49 (49=7x7).

Bahkan dari segi matematikan pun masuk akal sekali bukan?

Tak mungkin ini suatu kebetulan, tak mungkin juga manusia biasa bisa membuatnya. Semua ini karena Allah Ta'ala. Dan mengapa semua berhubungan dengan angka tujuh juga merupakan rahasia Allah Ta'ala.

Wallahu a'lam.

close