Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Saturday, November 4, 2017

Mau Pergi ke Jepang? Simak Tips ini agar tidak Dicap tidak Sopan!

Travelling ke tempat lain memang selalu membuat siapapun bersemangat, terlebih tempat baru yang belum pernah dituju. Jepang menjadi salah satu tempat travelling favorit banyak turis, baik domestik maupun mancanegara.

Dikenal sebagai negara dengan penduduk yang sopan tentu menjadikan Jepang memiliki aturan yang sangat ketat. Bagi turis domestik tentu tidak asing lagi dengan aturan Jepang, tapi bagi turis mancanegara harus belajar tidak dicap tidak sopan oleh masyarakat. Tidak mau kan, dicap tidak sopan? Yuk simak tips ini!

Tips Bertingkah Laku Sopan di Negara Jepang:
  1. Gunakan Tangan untuk Menunjuk

    Gunakan seluruh tangan untuk menunjuk / Gambar via japantimes.co.jp
    Di Indonesia, kita biasanya menggunakan jari telunjuk untuk menunjukkan arah. Di Jepang, hal tersebut tidak wajar. Orang Jepang biasa menggunakan keseluruha tangannya untuk menunjukkan tempat, arah, atau orang. Sedangkan untuk menunjukkan dirinya sendiri, mereka biasa menggunakan telunjuk dan mengarahkannya ke hidung.
  2. Jangan Berisik di Kereta

    Kebiasaan kita dengan orang Jepang tentu saja berbeda. Jika kita senang menghabiskan waktu dengan mengobrol di kereta atau kendaraan umum, orang Jepang justru tidak menyukainya.
    Jangan berisik di kereta / Gambar via pixabay.com
    Oleh karena itu, janganlah berisik di kereta. Orang Jepang lebih senang menghabiskan waktu di kereta dengan membaca buku, istirahat, atau mendengarkan musik dengan headset. Jika ingin menelepon, pergilah ke gerbong atau ke tempat khusus menelepon yang sudah disediakan.
  3. Jangan Makan dengan Berdiri

    Makanlah sambil duduk / Gambar via unsplash.com
    Di Indonesia sendiri makan dengan berdiri dianggap tidak sopan, di Jepang pun demikian. Orang Jepang menganggap bahwa orang yang makan sambil berdiri atau berjalan adalah orang yang ceroboh.
  4. Gunakan Kaos Kaki di atas Tatami

    Gunakan kaos kaki di tatami / Gambar via haikudesigns.com
    Di atas tatami atau tikar tradisional Jepang, gunakanlah kaos kaki ketika melangkah di atasnya. Jangan sampai berjalan tanpa kaos kaki di atas tatami.
  5. Jangan Bersihkan Hidung di depan Umum

    Kalau sedang flu di Jepang, jangan sekali-kali membersihkan hidung di depan umum. Tindakan ini akan dianggap kotor oleh orang Jepang. Oleh karena itu, bersihkanlah hidung di toilet, jangan di depan umum.
  6. Lipatlah Oshibori setelah Digunakan

    Oshibori / Gambar via pixabay.com
    Ketika berkunjung di restoran, biasanya kamu akan diberi oshibori, yaitu handuk panas yang digunakan untuk membersihkan tangan. Setelah menggunakannya, lipatlah oshibori dengan rapi. Jika kamu masih memainkannya selama makan, maka kamu akan dianggap tidak sopan.
  7. Mandi sebelum Masuk ke Onsen

    Onsen / Gambar via unsplash.com
    Walaupun namanya pemandian air panas, mandi di onsen tetap memiliki aturan. Kamu harus tetap mandi terlebih dahulu sebelum menceburkan diri ke kolam onsen. Jika tidak, kamu akan dianggap kotor dan tidak sopan.
Itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan agar tidak dianggap tidak sopan selama berada di Jepang.

close