Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Wednesday, November 8, 2017

Meski Menjijikkan, 4 Hewan Ini Ternyata Memiliki Manfaat Mengagumkan

Selain manusia dan tumbuhan, hewan juga merupakan makhluk hidup yang menghuni dunia ini. Jenis hewan pun bermacam-macam. Ada hewan jinak, hewan buas, hingga ada juga yang menggolongkan sebagai hewan menjijikkan.

Kucing dianggap sebagai hewan jinak yang pantas dipelihara di rumah. Selain kucing juga ada kelinci. Kedua hewan ini tidaklah berbahaya, sehingga aman dipelihara, bahkan oleh anak-anak. Kalau hewan buas, pasti pikiran kita langsung tertuju kepada harimau atau singa. Memang kedua hewan ini menjadi ikon otomatis ketika berbicara soal hewan buas.

Nah, yang terakhir mengenai hewan menjijikkan. Terkadang ada sebagian orang menganggap bahwa suatu hewan itu menjijikkan, namun ada juga yang tidak menganggapnya seperti itu. Contohnya adalah belalang. Ada yang menganggap belalang menjijikkan, namun ada pula yang menjadikan belalang sebagai manakan.

Di bawah ini adalah contoh-contoh hewan yang dianggap menjijikkan oleh sebagian besar orang, namun ternyata malah memiliki banyak manfaat. Hewan apa sajakah itu?
  1. Lalat

    Lalat dianggap sebagai hewan yang jorok dan menjijikkan. Bagaimana tidak, lalat sering hinggap kesana kemari, mulai dari tempat-tempat yang bersih, hingga tempat kotor seperti sampah.
    Lalat / gambar via pixabay.com

    Dengan hinggapnya lalat secara sembarangan tersebut, tentu ini bisa menyebarkan penyakit pada manusia. Namun siapa sangka, meski lalat menyebarkan penyakit, dia juga menghasilkan antibiotik.

    Hal ini sebenarnya telah disabdakan oleh Rasulullah Shallahu 'alaihi wa sallam berabad-abad yang lalu. Begini sabda beliau, “Jika ada seekor lalat yang terjatuh pada minuman kalian, maka tenggelamkan, kemudian angkatlah (lalat itu dari minuman tersebut), karena pada satu sayapnya ada penyakit dan pada sayap lainnya terdapat obat.” (HR. Al Bukhari).

    Ketika teknologi sudah canggih seperti saat ini, peneliti dari Departemen Ilmu Biologi, Macquarie University, Australia menemukan antibiotik baru yang bermanfaat, dimana antibiotik tersebut berasal dari permukaan tubuh dan sayap lalat. Hal serupa juga dipaparkan oleh Tim Departemen Mikrobiologi Medis, Fakultas Sains, Universitas Qashim Arab Saudi.
  2. Belatung

    Selain lalat, larva dari lalat yang lebih dikenal sebagai belatung ternyata juga memiliki banyak manfaat. Sebagaimana diketahui, belatung suka hidup pada jaringan mati. Oleh ahli medis, kegemaran belatung ini dimanfaatkan untuk mengobati luka infeksi, atau lebih sering disebut sebagai MDT (Maggot Debridement Therapy).
    Ilustrasi belatung
    Penggunaan belatung ini lebih sering diapakai terutama pada abat ke-16, dimana ketika itu teknologi kesehatan belum berkembang pesat seperti sekarang. Belatung akan memakan jaringan mati dan busuk, sehingga luka akan lebih cepat bersih.
  3. Kecoa

    Kecoa seringkali menjadi ikon hewan menjijikkan, terlebih bagi para wanita. Ada kecoa lewat di lantai aja jerit-jerit, apalagi kecoa lagi pada nongkrong di kamar mandi, bisa geger orang sekampung, hehe.
    kecoa
    Jijik atau takut pada kecoa ada istilahnya loh, yaitu katsaridaphobia. Dibalik imagenya yang menjijikkan itu, ternyata ada fakta menarik. Sebanyak 4 dari 4.500 spesies kecoa termasuk dalam kategori hama, namun sisanya malah bermanfaat.

    Berdasarkan penelitian di Universitas Nothingham, zat di otak kecoa bisa membunuh bakteri penyebab E. Coli dan MRSA hingga 90% lho! Bahkan di China, kecoa telah diolah menjadi sirup dan bubuk untuk pengobatan. Bubuk tersebut bermanfaat untuk mengobati luka bakar, sedangkan sirupnya untuk meringankan gejala flu.
  4. Lintah

    Kalau lintah mungkin sebagian besar sudah pada tahu manfaatnya, karena terapi lintah juga sudah mulai menjamur diberbagai tempat. Namun masih banyak juga yang belum berani mencoba terapi lintah, salah satunya karena jijik.
    Lintah
    Lintah ternyata memiliki manfaat kesehatan. Beberapa diantaranya adalah mengatasi masalah gigi, kulit, kelainan saraf dan infeksi. Terapi lintah dilakukan dengan cara menaruh lintah di beberapa bagian tubuh, kemudian membiarkannya menggigit bagian tubuh tersebut.

    Ketika lintah menghisap darah di tubuh manusia, lintah akan mengeluarkan air liur yang mengandung lebih dari 60 jenis protein, dimana protein ini sangat berguna dalam mengencerkan darah dan mencegah penyumbatan. Selain itu, lintah juga bisa menangani gangguan sirkulasi, kardiovaskular, mencegah penuaan dan komplikasi.
Demikianlah berita unik seputar hewan-hewan yang menjijikkan, tapi sebenarnya memiliki manfaat besar. Semoga bermanfaat.

close