Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Sunday, December 3, 2017

Ingin Makanan dan Minuman yang Kamu Konsumsi Berkah? Ikuti Adab Makan Rasulullah!

Makan dan minum adalah kebutuhan setiap manusia. Meskipun mudah, makan juga memerlukan adab yang baik, tak hanya langsung makan semuanya sampai kenyang.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam memberikan contoh adab makan yang baik. Hal ini banyak manfaatnya, agar makanan menjadi berkah, sehat, dan yang terpenting setan tidak ikut makan bersama kita. Apa saja adab yang beliau ajarkan?
Adab makan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam / Gambar via pixabay.com
Inilah Adab Makan dan Minum Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam:
  1. Membaca Basmalah saat Makan dan Mulailah dengan Makanan yang Paling Dekat

    Dari Umar bin Abu Salamah Radhiyallahu Anhu, ia berkata, "Saat masih kecil di pangkuan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, tanganku bergerak kesana kemari di piring. Kemudian, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Wahai anak, ucapkanlah 'Bismillah', makanlah dengan tangan kanan dan makanlah yang terdekat denganmu." Setelah itu berubahlah cara makanku seperti itu."
  2. Tidak Berdiri ketika Minum

    Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam melihat seorang lelaki minum sambil berdiri, kemudian bersabda, "Muntahkanlah!". Ia berkata, "Kenapa?". Beliau bersabda, "Apakah kamu suka minum bersama seekor kucing?". Ia menjawab, "Tidak." Beliau bersabda, "Sesungguhnya ikut minum bersama kamu sesuatu yang lebih buruk dari seekor kucing, yaitu setan."
  3. Makan Makanan yang Baik dan Halal

    Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an Surat Al Baqarah ayat 172, "Hai orang-orang yang beriman, makanlah diantara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada Allah kamu menyembah."
  4. Menggunakan Tangan Kanan untuk Makan dan Minum

    Dari Ibnu Umar Radhiyallahu Anhu, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Jika salah seorang dari kalian makan, maka makanlah dengan menggunakan tangan kanan, dan jika ia minum, maka minumlah dengan menggunakan tangan kanan, karena sesungguhnya setan itu makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri."
  5. Tidak Menggunakan Alat dari Emas dan Perak untuk Makan dan Minum

    Dari Hudzaifah Radhiyallahu Anhu, ia berkata, "Aku mendengar Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Janganlah kamu memakai sutra dan kain diibaj 'sutra yang lebih halus'; dan janganlah minum dengan menggunakan bejana yang terbuat dari emas atau perak. Janganlah makan dengan menggunakan piring dari emas atau perak, karena perabot itu untuk mereka (orang-orang kafir) di dunia, dan untuk kita di akhirat"."
  6. Lebih Baik Makan Malam Terlebih Dahulu Baru Kemudian Sholat Isya'

    Dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu, dari Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, beliau bersabda, "Jika makan malam telah dihidangkan sedang sholat (Isya) sudah didirikan maka dahulukanlah makan malam."
  7. Berdo'a setelah Makan

    Dari Muadz bin Anas Radhiyallahu Anhu, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Siapa yang usai makan, kemudian berdoa, 'Alhamdulilahil Ladzii Ath'amani Hadzath Tha'sama wa Razaqanihi Min Ghairi Haulim Minnii Walaa Quwwah' (Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini, dan memberi rezekiku ini tanpa kesusahan dan kekuatan dariku), maka akan dimaafkan segala dosa yang telah lalu darinya."
Marilah kita ubah adab makan kita yang salah dan meniru adab makan seperti yang Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam ajarkan. Semoga makanan yang kita makan berkah dan bermanfaat bagi kita, Aamiin.

close