Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Friday, December 8, 2017

Jangan Diabaikan! Jangan Kenakan Alas Kaki ketika di Pekuburan!

Apa yang terbersit di pikiran kamu ketika berada di pekuburan? Kebanyakan orang mungkin akan menjawab pekuburan adalah suatu tempat yang menyeramkan, jika salah ucap atau perbuatan bisa saja mendapat celaka. Meskipun pekuburan diperuntukkan untuk orang yang sudah meninggal, tapi haruslah kita menghormati mereka yang sudah pergi mendahului kita tersebut.

Selain hal tersebut, tahukah bahwa ketika berada di area pekuburan kita harus melepaskan alas kaki? Hal ini tidak boleh diabaikan, jika di area pekuburan terdapat duri atau yang dapat membahayakan kaki, boleh dikenakan. Lantas, mengapa melepas alas kaki di pekuburan sangat penting? Inilah jawabannya!
Kuburan / gambar via jv.wikipedia.org

 Inilah Alasan Mengapa Diharuskan Melepas Alas Kaki di Area Pekuburan

Imam Ibnu Qudamah rahimahullah dalam al Mughni (2/224) berkata: "Melepas sandal (alas kaki) saat memasuki area pekuburan adalah sunnah."

Diriwayatkan oleh Basyir bin al Khashashiyyah, beliau berkata: "Ketika aku menyertai Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, ada seorang laki-laki yang berjalan di kuburan dengan memakai dua sandal, kemudian beliau berkata, "Wahai orang yang memakai dua sandal, lepaskanlah dua sandalmu!." Maka laki-laki tersebut melihat (baca: menoleh), dan saat dia mengetahui (bahwa yang memanggilnya adalah) Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, maka dia pun melepas dan meletakkan kedua sandalnya tersebut." (HR Abu Dawud)

Hadits tersebut dinyatakan shahih. Mayoritas ulama menganggap larangan dalam hadits tersebut haram. Namun, pendapat yang paling kuat adalah mengatakan makruh, karena tujuan dilepasnya alas kaki adalah untuk menghormati jenazah yang sudah dikubur di pekuburan.

Karena shahihnya hadits ini, sudah selayaknya kita mengamalkan dan menghidupkan sunnah ini. Karena kian banyak yang menganggap sepele larangan ini.

Mengantarkan jenazah dari rumah hingga selesai pemakanan adalah amal sholeh yang banyak pahalanya. Tapi, perlu diperhatikan bahwa jenazah perlu juga dihormati. Bukan hal terpuji ketika mengantar jenazah, kita yang masih hidup malah berbincang-bincang dan bergurau, baik ketika jenazah sudah dibawa menuju pekuburan maupun saat menunggu jenazah.

Qois bin Abbad berkata, "Para sahabat Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam tidak menyukai mengangkat suara dalam jenazah." (HR Baihaqi)

Jadi, tetaplah bersikap sopan dan menghormati jenazah serta pekuburannya.

close